STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN |
2. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat | 5.1 Mengurutkan bilangan bulat | · Menyebutkan anggota bilangan bulat · Menentukan cara membaca dan menulis lambang bilangan bulat dalam kata-kata dan angka · Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan bulat
| · Siswa dapat menyebutkan anggota bilangan bulat dengan benar · Siswa dapat menentukan cara membaca dan menulis lambang bilangan bulat dalam kata-kata dan angka dengan benar · Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan dengan benar
|
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat | · Menghitung penjumlahan dua bilangan positif · Menghitung penjumlahan dua bilangan negatif · Menghitung penjumlahan bilangan positif dan bilangan negatif | · Siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan positif dengan alat peraga dengan benar · Siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan negatif dengan alat peraga dengan benar · Siswa dapat menghitung penjumlahan bilangan positif dan bilangan negatif menggunakan alat peraga dengan benar | |
| 5.3 Mengurangkan bilangan bulat | · Menghitung pengurangan bilangan positif · Menghitung pengurangan bilangan negatif · Menghitung pengurangan bilangan positif dan bilangan negatif | · Siswa dapat menghitung pengurangan dua bilangan positif dengan alat peraga dengan benar · Siswa dapat menghitung pengurangan dua bilangan negatif dengan alat peraga dengan benar · Siswa dapat menghitung pengurangan bilangan positif dan bilangan negatif menggunakan alat peraga dengan benar |
| 5.4 Melakukan operasi hitung campuran | · Memecahkan penyelesaian soal cerita · Menggunakan operasi hitung campuran dalam kehidupan sehari-hari | · Siswa dapat memecahkan penyelesaian soal cerita dengan benar · Siswa dapat menggunakan operasi hitung campuran dalam kehidupan sehari-hari dengan benar |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN |
Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | 6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya | 6.1.1 Mengenal arti pecahan sebagai suatu yang tidak utuh 6.1.2 menyatakan pecahan secara visual 6.1.3 Menulis letak pecahan pada garis bilangan 6.1.4 Membandingkan dua pecahan 6.1.5 Menyebutkan pecahan berpenyebut sama 6.1.5 Mengurutkan pecahan sederhanayang berpenyebut tidak sama. | · Dengan menggunakan benda bisa dipotong-potong, siswa dapat Mengenal arti pecahan sebagai suatu yang tidak utuh · Dengan menggunakan potongan kertas warna atau menggunakan gambar yang diarsir, siswa dapat menyatakan pecahan secara visual · Dengan menggunakan garis bilangan, siswa dapat Menulis letak pecahan pada garis bilangan · Dengan menggunakan potongan kertas/gambardengan melihat luas daerah yang merupakan merupakan bentuk visual,siswa dapat Membandingkan dua |
| | | pecahan · Dengan menggunakan garis bilangan, siswa dapat mengurutkan pecahan yang berpenyebut sama · Dengan menggunakan garis bilangan, siswa dapat mengurutkan pecahan yang berpenyebut tidak sama |
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan | 6.2.1 Menentukan pecahan-pecahan yang senilai 6.2.2 Menyederhanakan suatu pecahan biasa 6.2.3 Menuliskan pecahan camputan kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana | · Dengan membagi dan mengarsir gambar,siswa dapat Menentukan pecahan-pecahan yang senilai · Dengan menggunakan konsep pecahan senilai, siswa dapat Menyederhanakan suatu pecahan biasa · Dengan melakukan perhitungan pecahan, siswa dapat Merubah pecahan campuran ke sederhana | |
| 6.3 Menjumlahkan pecahan | 6.3.1 Menjumlahkan 2 pecahan biasa berpenyebut sama. 6.3.2 Menjumlahkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama | · Dengan menggunakan potongan gambar/benda yang bernilai sama,siswa dapat Menjumlahkan 2 pecahan biasa berpenyebut sama. · Dengan menggunkan benda nyata dan kertas lipat,siswa dapat Menjumlahkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama |
6.4 Mengurangkan pecahan | 6.4.1 Mengurangkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut sama 6.4.2 Mengurangkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama | · Melalui kegiatan demonstrasi (mis: mengambil ¼ gambar lingkaran dari ¾ gambar lingkaran), siswa dapat Mengurangkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut sama. · Melalui kegiatan demonstrasi dengan menggunakan benda nyata dan kertas lipat, siswa dapat Mengurangkan 2 pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN |
7. Menggunakan lambang bilangan romawi | 7.1 Mengenal lambang bilangan romawi | · Mengenali lambang bilangan romawi · Mengubah bilangan asli ke dalam bilangan romawi · Menggunakan bilangan romawi dalam keseharian | · Siswa dapat mengenali lambang bilangan romawi dengan benar · Siswa dapat mengubah bilangan asli ke dalam bilangan romawi dengan benar · Siswa dapat menggunakan bilangan romawi dalam keseharian dengan benar |
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan romawi dan sebaliknya | · Mengenali bilangan cacah dan angka romawi · Mengubah bilangan cacah ke dalam bilangan romawi · Mengubah bilangan romawi ke dalam bilangan cacah · Menggunakan bilangan romawi dalam kehidupan sehari-hari | · Siswa dapat mengenali bilangan cacah dan angka romawi dengan benar · Siswa dapat mengubah bilangan cacah ke dalam bilangan romawi dengan benar · Siswa dapat mengubah bilangan romawi ke dalam bilangan cacah dengan benar · Siswa dapat menggunakan bilangan romawi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN |
8 Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar | 8.1 menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana | 8.1.1 Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana 8.1.2 menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan | Melalui pengamatan terhadap model bangun ruang, siswa dapat Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana Melalui contoh bangun ruang yang diberikan, siswa dapat menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan |
8.2 Menentukan jaring-jaring balok fdan kubus | 8.2.1 Menggambar berbagai jaring-jaring kubus dan balok 8.2.2 Mengidentifikasi jaring-jaring kubus dan balok dari berbagai bentuk jaring-jaring bangun ruang | 1. Dengan membuka kotak kertas dan mengamati jaring-jaring kubus yang terbentuk dari bukaan tersebut, siswa dapat Menggambar berbagai jaring-jaring kubus dan balok 2. Dengan mengamati gambar berbagai jaring-jaring bangun ruang, siswa dapat | |
| | | 3. Mengidentifikasi jaring-jaring kubus dan balok dari berbagai bentuk jaring-jaring bangun ruang |
8.3 Mengidentifikasi brnda-benda dan bangun datar simetris | 8.3.1 Menentukan ciri-ciri bangun datar yang simetris. 8.3.2 Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar 8.3.3 Mengelompokkan dan memberi contoh bangun datar yang simetris dan tidak simetris 8.3.4 Membuat bangun- bangun datar yang simetris | · Dengan melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan kertas lipat,siswa dapat Menentukan ciri-ciri bangun datar yang simetris. · Dengan menggunakan kertas lipat, siswa dapat Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar. · Dengan mengidentifikasi bangun datar yang simetris dan tidak simetris, siswa dapat Mengelompokkan dan memberi contoh bangun datar yang | |
| | · simetris dan tidak simetris · Dengan menggunakan kertas lipat, siswa dapat Membuat bangun- bangun datar yang simetris | |
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar | 8.4.1 Menyebutkan sifat-sifat pencerminan 8.4.2 Menggambar hasil pencerminan dari bangun datar sederhana 8.4.3 Menentukan gambar bayangan yang merupakan hasil pencerminan bangun datar | · Dengan mengamati bayangan hasil pencerminan, siswa dapat Menyebutkan sifat-sifat pencerminan · Dengan pengamatan langsung dari bangun datar sederhana, siswa dapat Menggambar hasil pencerminan dari bangun datar tersebut. · Dengan percobaan dan pengamatan langsung,siswa dapat Menentukan gambar bayangan yang merupakan hasil pencerminan bangun datar |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar