KISI-KISI INSTRUMEN PENELITIAN
JUDUL :
Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Wanogara Wetan Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)
No | Variabel | Indikator | Sumber Data | Alat/ Instrumen |
1 | Aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT | · Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar · Mengajukan pertanyaan · Menjawab pertanyaan · Aktif dalam diskusi/ kerja kelompok · Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran · Aktif mengikuti turnamen dan games · Bekerjasama dalam tim · Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi · Menyimpulkan hasil diskusi kelompok · Melakukan refleksi | · Siswa · Foto · Video | · Lembar Observasi · Catatan Lapangan |
2 | Keterampilan guru dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT | · Mengemukakan tujuan pembelajaran · Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa · Menentukan pembentukkan kelompok · Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung · Memberikan penyajian kelas · Membimbing siswa dalam diskusi/ kerja kelompok · Memberikan games dalam pembelajaran. · Membimbing siswa dalam melaksanakan turnamen · Memberikan penghargaan kelompok · Mengelola waktu secara efisien | · Guru · Video · Foto | · Lembar Observasi · Catatan lapangan |
3 | Antusiasme belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT | · Pembelajaran matematika dengan TGT menyenangkan bagi siswa. · Siswa mudah memahami materi pembelajaran. · Siswa tertarik terhadap pelajaran matematika. · Siswa bersemangat mengikuti pembelajaran. · Hubungan antarsiswa menjadi akrab. · Siswa menyukai cara mengajar guru. · Siswa tertarik dengan media dan alat peraga yang digunakan. · Siswa mudah memahami penjelasan dan intruksi guru. · Kegiatan pembelajaran mudah diikuti oleh siswa (tidak menyulitkan). · Siswa setuju untuk menerapkan pendekatan kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika. | · Siswa | · Angket |
4 | Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT | · Menyebutkan pecahan-pecahan yang senilai · Menulis letak pecahan pada garis bilangan · Membandingkan dua pecahan · Mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut sama · Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa · Menentukan bentuk desimal dari suatu pecahan · Menentukan nilai pecahan · Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan · Mengaplikasikan konsep perbandingan dan skala dalam pemecahan masalah | · Siswa | · Tes Tertulis |
LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA
Pertemuan.....................Siklus.....................
Nama Siswa : ........................................................................................
Nama SD : SD NEGERI 1 WANOGARA WETAN
Kelas : VI
Topik : Operasi Hitung Pecahan
Hari/Tanggal : ........................................................................................
Petunjuk : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat kemampuan
yang sesuai dengan indikator pengamatan!
No | Indikator | Tingkat Kemampuan | Jumlah | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar | | | | | |
2 | Menjawab pertanyaan | | | | | |
3 | Aktif dalam diskusi kelompok/ kerja kelompok | | | | | |
4 | Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran | | | | | |
5 | Aktif mengikuti turnamen | | | | | |
6 | Bekerjasama dalam tim | | | | | |
7 | Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi | | | | | |
8 | Menyimpulkan hasil diskusi kelompok | | | | | |
9 | Mengajukan pertanyaan | | | | | |
10 | Melakukan refleksi | | | | | |
| Jumlah skor : | | | | | |
Jumlah skor=.........................., kategori: ...................................
Kriteria ketuntasan | Kategori |
32,5 ≤ skor ≤ 40 | Sangat baik |
25 ≤ skor < 32,5 | Baik |
17 ≤ skor < 25 | Cukup |
10 ≤ skor < 17 | Kurang |
Purbalingga, .....................................
Observer
.............................................
INDIKATOR PENGAMATAN KEAKTIFAN SISWA
Dalam kegiatan pembelajaran Matematika melalui pendekatan kooperatif
tipe Times Games Tournaments (TGT)
Kategori Pengamatan | Kurang(1) | Cukup(2) | Baik(3) | Baik Sekali (4) | Ket |
1. Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar | Tidak membawa peralatan belajar | Membawa peralatan tidak lengkap | Peralatan lengkap | Peralatan lengkap dan memperhatikan guru | |
2. Menjawab pertanyaan | Tidak menjawab | Menjawab satu kali | Menjawab dua kali | Menjawab lebih dari dua kali | |
3. Aktif dalam diskusi kelompok/ kerja kelompok | Diam saja | Memberi pendapat | Memberi pendapat dan berdiskusi dengan teman | Memberi pendapat, berdiskusi dengan teman, dan mengkritisi hasil diskusi kelompok lain. | |
4. Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran | Berbuat gaduh/ ribut di kelas sampai diperingatkan lebih dari 2 kali | Berbuat gaduh, tapi langsung satu setelah satu/ dua kali diperingatkan | Tidak membuat kegaduhan | Tidak membuat kegaduhan dan memberi berpendapat dalam kerja kelompok | |
5. Aktif mengikuti turnamen | Melakukan turnamen sambil bermain-main sendiri. | Melakukan turnamen tapi asal-asalan menjawab. | Melakukan turnamen dengan memberikan 1x jawaban yang benar. | Melakukan turnamen dengan memberikan jawaban yang benar lebih dari 1x. | |
6. Bekerjasama dalam tim | Tidak bekerja/ tidak terlibat dalam diskusi tim | Bekerja sendiri | Ikut berpendapat dalam diskusi tim | Ikut berpendapat dalam diskusi dan membantu teman satu tim untuk memahami bahan diskusi | |
7. Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi | Tidak melakukan | Memberi bantuan kepada seorang teman | Memberi bantuan pada lebih dari 1 teman | Memberi bantuan kepada lebih dari 1 teman dan memastikan temannya memahami penjelasannya | |
8. Menyimpulkan hasil diskusi kelompok | Tidak melakukan | Menyimpulkan, tetapi tidak lengkap (tidak sesuai dengan tata cara yang diberikan guru) | Menyimpulkan dengan lengkap (sesuai dengan tata cara yang disampaikan guru) | Menyimpulkan dengan lengkap dan mengkrtitisi kesimpulan kelompok lain. | |
9. Mengajukan pertanyaan | Tidak mengajukan | Mengajukan pertanyaan 1x | Mengajukan pertanyaan 2x | Mengajukan pertanyaan lebih dari 2x | |
10. Melakukan refleksi | Tidak melakukan | Melakukan tapi tidak sesuai dengn topik pembahasan | Merefleksi kekurangan dalam diskusi | Merefleksi apa yang diperoleh dalam pembelajaran | |
LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN GURU
Pertemuan........... Siklus...............
Nama Guru : Mukhayat
Nama SD : SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Kelas : IV
Topik : Operasi Hitung Pecahan
Hari/Tanggal : ......................................................................
Petunjuk : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat kemampuan
yang sesuai dengan indikator pengamatan!
No | Indikator | Tingkat Kemampuan | Jumlah | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | Mengemukakan topik dan tujuan pembelajaran | | | | | |
2 | Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa | | | | | |
3 | Menentukan pembentukkan kelompok | | | | | |
4 | Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung | | | | | |
5 | Memberikan penyajian kelas | | | | | |
6 | Membimbing siswa dalam diskusi/ kerja kelompok | | | | | |
7 | Memberikan games dalam kegiatan pembelajaran | | | | | |
8 | Membimbing siswa melaksanakan turnamen | | | | | |
9 | Memberiakn penghargaan kelompok | | | | | |
10 | Mengelola waktu secara efisien | | | | | |
Jumlah skor=.........................., kategori: ....................................
Kriteria ketuntasan | Kategori |
32,5 ≤ skor ≤ 40 | Sangat baik |
25 ≤ skor < 32,5 | Baik |
17 ≤ skor < 25 | Cukup |
10 ≤ skor < 17 | Kurang |
Purbalingga, .....................................
Observer
.............................................
INDIKATOR PENGAMATAN KETERAMPILAN GURU
Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TGT
di SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Kategori Pengamatan | Kurang(1) | Cukup(2) | Baik(3) | Baik Sekali (4) | Ket |
1. Mengemukakan tujuan pembelajaran | Tidak melakukan | Mengemukakan salah satu tujuan pembelajaran saja | Mengemukakan seluruh tujuan pembelajaran yang ingin dicapai | Mengemukakan seluruh tujuan pembelajaran dan menyampaikan pentingnya mempelajari topik | |
2. Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa | Tidak melakukan | Mengemukakan salah satu kegiatan yang akan dilakukan | Mengemukakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran | Mengemukakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran dengan runtut | |
3. Menentukan pembentukan kelompok | Membiarkan siswa membentuk kelompoknya sendiri | Menentukan pembentukkan kelompok | Menentukan pembentukkan kelompok dengan memperhatikan tingkat heterogenitas | Menentukan pembentukkan kelompok dengan memperhatikan tingkat heterogenitas dan hubungan sosial siswa | |
4. Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung | Tidak menyediakan | Menyediakan tapi tidak ada kaitannya dengan topik | Menyediakan tapi tidak lengkap (masih ada media yang belum disediakan) | Menyediakan seluruh alat peraga dan media yang mendukung pembelajaran. | |
5. Memberikan penyajian kelas | Tidak memberikan penyajian kelas | Memberikan penyajian kelas secara singkat | Memberikan penyajian kelas yang melibatkan keaktifan siswa | Memberikan penyajian kelas yang melibatkan keaktifan siswa dan memberikan pemodelan. | |
6. Membimbing siswa dalam melaksanakan diskusi/ kerja kelompok | Membiarkan siswa melakukan diskusi kelompok sendiri | Memantau jalannya diskusi kelompok | Memantau jalannya diskusi kelompok dan mengecek proses diskusi di setiap kelompok | Memantau jalannya diskusi kelompok, mengecek setiap kelompok, dan memberikan komentar terhadap setiap kelompok. | |
7. Memberikan games dalam pembelajaran | Tidak memberikan games | Memberikan games namun tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran | Memberikan games yang sesuai dengan tujuan pembelajaran | Memberikan games yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan memberikan poin terhadap siswa yang dapat menjawab dengan benar. | |
8. Membimbing siswa dalam melaksanakan turnamen | Membiarkan siswa melaksanakan turnamen sesuai kehendaknya | Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan | Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan, serta memantau jalannya games. | Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan, mengatur dan memantau jalannya games. | |
9. Memberikan penghargaan kelompok | Tidak memberikan penghargaan kelompok | Memberikan penghargaan kelompok berupa ucapan | Memberikan penghargaan kelompok berupa piagam atau sertifikat | Memberikan piagam penghargaan terhadap kelompok terbaik dan pujian terhadap kelompok lainnya | |
10. Mengelola waktu secara efisien | Pembelajaran tidak selesai/ melampaui waktu yang ditetapkan. | Lebih dari 2sesi pembelajaran meleset jauh (>7menit) dari waktu yang ditetapkan dalam RPP | Ada 2sesi pembelajaran meleset jauh (>7menit) dari waktu yang ditetapkan dalam RPP | Setiap sesi pembelajaran berlangsung sesuai dengan RPP. | |
ANGKET
Antusiasme Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Terhadap Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif tipe TGT
Nama :
Kelas :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang sesuai dengan pilihanmu!
1. Apakah pembelajaran matematika dengan turnamen dan permainan berkelompok menjadi menyenangkan?
a. Sangat tidak menyenangkan
b. Tidak menyenangkan
c. Sedikit menyenangkan
d. Menyenangkan
e. Sangat menyenangkan
2. Apakah materi pelajaran matematika menjadi mudah kamu pahami dengan adanya turnamen dan permainan kelompok?
a. Sangat sukar
b. Sukar
c. Sedikit sukar
d. Mudah
e. Sangat mudah
3. Apakah kamu menjadi tertarik dengan pembelajaran matematika dengan adanya turnamen dan permainan berkelompok?
a. Sangat tidak tertarik
b. Tidak tertarik
c. Sedikit tertarik
d. Tertarik
e. Sangat tertarik
4. Apakah kamu menjadi bersemangat mengikuti pelajaran matematika dengan adanya turnamen dan permainan kelompok?
a. Sangat tidak bersemangat
b. Tidak bersemangat
c. Sedikit bersemangat
d. Bersemangat
e. Sangat bersemangat
5. Apakah permainan kelompok dan turnamen membuat kamu menjadi akrab dengan teman-temanmu?
a. Sangat tidak akrab
b. Tidak akrab
c. Sedikit akrab
d. Akrab
e. Sangat akrab
6. Apakah kamu senang dengan cara mengajar guru dalam permainan kelompok dan turnamen?
a. Sangat tidak senang
b. Tidak senang
c. Cukup senang
d. Senang
e. Sangat senang
7. Apakah media pembelajaran dan alat peraga yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika membuatmu tertarik mengikuti pembelajaran?
a. Sangat tidak tertarik
b. Tidak tertarik
c. Cukup tertarik
d. Tertarik
e. Sangat tertarik
8. Bagaimanakah penjelasan dan instruksi yang diberikan guru dalam permainan kelompok dan turnamen di pembelajaran matematika?
a. Sangat membingungkan
b. Membingungkan
c. Sedikit membingungkan
d. Mudah dimengerti
e. Sangat mudah dimengerti
9. Apakah permainan berkelompok dan turnamen mudah untuk kamu ikuti dan laksanakan?
a. Sangat sulit
b. Sulit
c. Sedikit sulit
d. Mudah
e. Sangat
10. Apakah kamu setuju jika permainan berkelompok dan turnamen dilakukan kembali dalam pembelajaran matematika?
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Cukup setuju
d. Setuju
e. Sangat setuju
INSTRUMEN ANALISIS PENILAIAN ANGKET
Kode Jawaban | Skor Jawaban |
a | 1 |
b | 2 |
c | 3 |
d | 4 |
e | 5 |
· Skor tertinggi (M) = 50
· Skor terendah (K) = 10
· Median = ½ (50 + 10 ) = 30
Kriteria | Kategori | Label | Keterangan |
40 ≤ skor ≤ 50 | Sangat Berminat | A | Sangat Baik |
30 ≤ skor < 40 | Berminat | B | Baik |
19,5 ≤ skor < 30 | Kurang Berminat | C | Cukup |
10 ≤ skor < 19,5 | Tidak Berminat | D | Kurang |
Keterangan:
Untuk mengetahui minat siswa kelas VI terhadap pembelajaran matematika, dilakukan perhitungan sebagai berikut.
% A =
% B =
% C =
% D =
Prosentase tertinggi dari keempat kategori tersebut digunakan untuk menilai minat siswa kelas VI terhadap pembelajaran matematika.
CATATAN LAPANGAN
PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SIKLUS :
TANGGAL :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar