BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah proses memproduksi sistem nilai dan budaya kearah yang lebih baik, antara lain dalam pembentukan kepribadian, keterampilan dan perkembangan intelektual siswa. Dalam lembaga formal, proses reproduksi sistem nilai dan budaya ini dilakukan terutama dengan mediasi proses belajar mengajar sejumlah mata pelajaran di kelas. Salah satu mata pelajaran yang turut berperan penting dalam pendidikan wawasan, keterampilan dan sikap ilmiah sejak dini bagi anak adalah mata pelajaran IPA.
Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah bahwa standar kompetensi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
Menurut pandangan konstruktivisme keberhasilan belajar bukan hanya bergantung lingkungan atau kondisi belajar melainkan juga pada pengetahuan awal siswa. Pengetahuan itu tidak dapat dipindahkan secara utuh dari pikiran guru ke siswa, namun secara aktif dibangun oleh siswa sendiri melalui pengalaman nyata, hal ini sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Piaget yaitu belajar merupakan proses adaptasi terhadap lingkungan yang melibatkan asimilasi, yaitu proses bergabungnya stimulus kedalam struktur kognitif. Bila stimulus baru tersebut masuk kedalam struktur kognitif diasimilasikan, maka akan terjadi proses adaptasi yang disebut kesinambungan dan struktur kognitif menjadi bertambah.
Dengan demikian jelas bahwa tahap berfikir anak usia SD harus dikaitkan dengan hal-hal nyata dan pengetahuan awal siswa yang telah dibangun mereka dengan sendirinya.
Pada saat pembelajaran IPA di kelas III SD N 02 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara, mengenai bentuk-bentuk energi dan perubahannya yang diantaranya bentuk energi gerak, guru diawal pembelajaran tidak melakukan apersepsi, guru langsung menulis materi di papan tulis, kemudian siswa disuruh mancatat materi tersebut, setelah siswa mencatat guru langsung menjelaskan materi, ketika guru menjelaskan banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, mereka bergurau, ngobrol dengan teman-temannya. Bahkan ada siswa yang menaikan kakinya ke atas meja. Melihat kondisi kelas seperti itu guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi, namun mereka terdiam dan tidak paham. Dalam proses pembelajaran guru juga tidak melakukan percobaan mengenai energi gerak, pembelajaran yang dilakukan guru tidak berpusat pada siswa.
Pada saat guru melakukan evaluasi sebagian siswa tidak dapat menjawab soal evaluasi sehingga hasil evaluasi siswa pun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu nilainya dibawah KKM. Adapun nilai yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :
Tabel 1.1
Daftar Nilai Siswa Kelas III
Mata Pelajaran IPA Mengenai Energi Gerak
No. | Nama Murid | Nilai | Ket | |
1 | CAHRONI | 4 | Tidak Lulus | |
2 | HENDRI | 2 | Tidak Lulus | |
3 | ISKANDAR | 2 | Tidak Lulus | |
4 | ANGGA AUNUL KHOLIQ | 9 | Lulus | |
5 | BAYU ANDIKA | 6 | Lulus | |
6 | CANDRA LESMANA | 3 | Tidak Lulus | |
7 | DHEA NURHASANAH | 2 | Tidak Lulus | |
8 | INDRA LESMANA | 6 | Lulus | |
9 | LEMBAYUNG | 4 | Tidak Lulus | |
10 | LESTA LESTARI | 5 | Tidak Lulus | |
11 | LILI MELIYANI | 5 | Tidak Lulus | |
12 | MELINDA | 4 | Tidak Lulus | |
13 | M. AGNAN | 8 | Lulus | |
14 | MOMON | 8 | Lulus | |
15 | PUJI TRISNA NINGRUM | 4 | Tidak Lulus | |
16 | RIVALDI | 4 | Tidak Lulus | |
17 | RIZKI SHOLEH | 8 | Lulus | |
18 | SRI INDAH LESTARI | 5 | Tidak Lulus | |
19 | DADAN | 5 | Tidak Lulus | |
20 | HENI SUSANTI | 6 | Lulus | |
21 | IDA JUBAEDAH | 5 | Tidak Lulus | |
22 | INDRAWAN | 7 | Lulus | |
23 | MEGA | 7 | Lulus | |
24 | TATI CAHYATI | 8 | Lulus | |
25 | NUNUNG | 5 | Tidak Lulus | |
JUMLAH | 132 | |||
RATA-RATA | 5,28 |
Dari data nilai siswa diatas, dengan jumlah siswa 25, hanya 10 siswa yang mendapatkan nilai di atas 6 atau sekitar 40 %. Siswa yang mendapatkan nilai di bawah 6 sebanyak 15 atau sekitar 60 %. Dengan demikian tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
Dari analisis masalah yang ada, ditemukanlah beberapa penyebab masalah, antara lain : pada awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi, guru kurang membangkitkan motivasi terhadap pembelajaran, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, dalam menyampaikan materi kurang menarik sehingga pembelajaran terasa membosankan dan dalam pembelajaran juga guru tidak melakukan percobaan mengenai energi gerak.
Pembelajaran yang terjadi di atas mengakibatkan siswa tidak paham tentang energi gerak dan siswa tidak berani mengungkapkan pendapatnya. Masih sering terjadi, dalam pembelajaran IPA guru mengharapkan siswa diam dengan sikap duduk tegak dan menghadap ke depan, sementara guru dengan fasih menceramahkan materi IPA. Pembelajaran demikian jelas bertentangan dengan hakikat anak dan pendidikan IPA itu sendiri. Pembelajaran IPA yang efektif dicirikan antara lain oleh tingginya kemampuan pembelajaran tersebut dalam menyajikan hakekat pendidikan IPA di SD yakni sebagai proses, produk dan sikap.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran IPA. Karena pembelajaran yang mengacu pada pandangan konstruktivisme lebih memfokuskan pada kesuksesan siswa dalam mengorganisasikan pengalaman mereka, dengan kata lain siswa lebih berpengalaman untuk mengkonstruksikan sendiri pengetahuan mereka melalui asimilasi dan akomodasi.
Latar belakang di atas mendorong penulis untuk megambil fokus penelitian dengan judul “Penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka rumusan masalah penelitian tindakan kelas yaitu :
a. Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
b. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
Untuk lebih spesifiknya, maka kedua rumusan masalah tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
a. Bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
3) Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
b. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami energi gerak di kelas III SD Negeri 2 Lebak Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara?
1) Apakah model pembelajaran konstruktivisme dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman energi gerak?
2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam memahami energi gerak dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme?
3) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami energi gerak setelah model pembelajaran konstruktivisme diterapkan?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan pertanyaan penelitian tindakan kelas yang terdapat dalam perumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak di kelas III SD Negeri 02 Lebak.
2. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami energi gerak di kelas III SD Negeri 02 Lebak.
1.4 Manfaat Penelitian
1. Manfaat bagi siswa, untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai energi gerak.
2. Manfaat bagi guru, untuk mengembangkan potensi guru dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme.
3. Manfaat bagi sekolah, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teoritis
1. Pengertian Belajar
Bell Gredler dalam Winaputra (2007: 1.5) menyatakan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan, ketrampilan, dan sikap tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.
Moh. Surya (1997) : “Belajar dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itus sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Witherington (1952) : ‘belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk ketrampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan kecakapan”.
Crow & crow (1958) : ‘belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan, dan sikap baru”.
Dari pengertian di atas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku secara keseluruhan yang didapat dari pengalaman dari lingkungan formal maupun informal, yang berlangsung sepanjang hayat, mulai dari masa bayi hingga akhir hayat.
2. Hakikat Pembelajaran IPA di SD
a. Pembelajaran IPA
Beberapa ilmuan memberikan definisi sains sesuai pengamatan dan pemahamannya. Carin (1999:3) mendefinisikan science sebagai The activity of questioning and exploring the universe and finding and expressing it’s hidden order, yaitu “suatu kegiatan berupa pertanyaan dan penyelidikan alam semesta dan penemuan dan pengungkapan serangkaian rahasia alam.”
Sains mengandung makna pengajuan pertanyaan, pencarian jawaban, pemahaman jawaban, penyempurnaan jawaban, baik tentang gejala maupun karakteristik alam sekitar melalui cara-cara sistematis (Depdiknas, 2002:1).
Belajar sains tidak sekadar belajar informasi sains tentang fakta, konsep, prinsip, hukum, dalam wujud “pengetahuan deklaratif”, akan tetapi belajar sains juga belajar tentang cara memperoleh informasi sains, cara sains dan teknologi bekerja dalam bentuk pengetahuan prosedural, termasuk kebiasaan bekerja ilmiah dengan metode ilmiah dan sikap ilmiah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya sains terdiri dari tiga komponen, yaitu : produk, proses, dan sikap ilmiah. Jadi tidak hanya terdiri atas kumpulan pengetahuan atau fakta yang dihafal, namun juga merupakan kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari rahasia gejala alam.
b. Teori yang mendasari IPA.
1) Teori Konstruktivisme
Teori yang dikenal dengan constructivist theories of learning menyatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasi informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisi aturan-aturan itu apabila tidak lagi sesuai. Hakikat dari teori kontruktivisme adalah ide bahwa siswa harus menjadikan informasi itu miliknya sendiri (Nur dan Retno, 2002:2)
2) Teori Ausubel tentang Pembelajaran Bermakna (Meaningfull)
Ausubel (dalam Dahar, 1988:137) mengemukakan bahwa belajar dikatakan bermakna (meaningfull) jika informasi yang akan dipelajari peserta didik disusun sesuai struktur kognitif yang dimiliki peserta didik sehingga peserta didik dapat mengaitkan informasi barunya dengan struktur kognitif yang dimilikinya.
c. IPA di Sekolah Dasar
Sesuai dengan Standar Isi KTSP, Mata pelajaran IPA mempunyai tujuan mengupayakan peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prosepek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan khusus dari mata pelajaran IPA di SD/MI adalah agar peserta didik memiliki kemampuan :
1) Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2) Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3) Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4) Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5) Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6) Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7) Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
Ruang lingkup mata pelajaran IPA di SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1) Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
2) Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
3) Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
4) Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
3. Model Pembelajaran Konstruktivisme
a. Pengertian model pembelajaran konstruktivisme
Model pembelajaran konstruktivisme adalah salah satu pandangan tentang proses pembelajaran yang menyatakan bahwa dalam proses belajar (perolehan pengetahuan) diawali dengan terjadinya konflik kognitif. Konflik kognitif ini hanya dapat diatasi melalui pengetahuan akan dibangun sendiri oleh anak melalui pengalamannya dari hasil interaksi dengan lingkungannya.
Konflik kognitif tersebut terjadi saat interaksi antara konsepsi awal yang telah dimiliki siswa dengan fenomena baru yang dapat diintegrasikan begitu saja, sehingga diperlukan perubahan/modifikasi struktur kognitif untuk mencapai keseimbangan, peristiwa ini akan terjadi secara berkelanjutan, selama siswa menerima pengetahuan baru.
Perolehan pengetahuan siswa diawali dengan diadopsinya hal baru sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya, kemudian hal baru tersebut dibandingkan dengan konsepsi awal yang telah dimiliki sebelumnya. Jika hal baru tersebut tidak sesuai dengan konsepsi awal siswa, maka akan terjadi konflik kognitif yang mengakibatkan adanya ketidakseimbangan dalam struktur kognisinya. Pada kondisi ini diperlukan alternatif strategi lain untuk mengatasinya.
Berdasarkan pandangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model konstruktivisme dalam pembelajaran adalah suatu proses belajar mengajar dimana siswa sendiri aktif secara mental, membangun pengetahuannya, yang dilandasi oleh struktur kognitif yang dimilikinya. Guru lebih berperan sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran. Penekanan tentang belajar dan mengajar lebih berfokus terhadap suksesnya siswa mengorganisasi pengalaman mereka.
b. Konstruktivisme dalam pembelajaran
Kegiatan belajar adalah kegiatan yang aktif, dimana siswa membangun sendiri pengetahuannya. Siswa mencari arti sendiri dari yang mereka pelajari, ini merupakan proses menyesuaikan konsep-konsep dan ide-ide baru dengan kerangka berfikir yang telah ada dalam pikiran mereka. Dalam hal ini siswa membentuk pengetahuan mereka sendiri dan guru membantu sebagai mediator dalam proses pembentukan itu.
Proses perolehan pengetahuan akan terjadi apabila guru dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal yang dimaksud disini adalah suatu proses belajar
mengajar yang sesuai dengan karakteristik IPA dan memperhatikan perspektif siswa sekolah dasar. Pembelajaran yang dimaksud diatas adalah pembelajaran yang mengutamakan keaktifan siswa, menerangkan pada kemampuan minds-on dan hands-on serta terjadi interaksi dan mengakui adanya konsepsi awal yang dimiliki siswa melalui pengalaman sebelumnya.
Dalam pelaksanaan teori belajar konstruktivisme ada beberapa saran yang berkaitan dengan rancangan pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dengan bahasa sendiri.
2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir tentang pengalamannya sehingga lebih kreatif dan imajinatif.
3) Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru.
4) Memberi pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa.
5) Mendorong siswa untuk memikirkan perubahan gagasan mereka.
6) Menciptakan lingkungan yang kondusif.
Dari berbagai pandangan di atas, bahwa pembelajaran yang mengacu pada pandangan konstruktivisme lebih memfokuskan pada kesuksesan siswa dalam mengorganisasikan pengalaman mereka dengan kata lain siswa lebih berpengalaman untuk mengonstruksikan sendiri pengetahuan mereka melalui asimilasi dan akomodasi.
c. Keuntungan dan kelemahan dalam menggunakan model konstruktivisme.
Dalam penggunaan model konstruktivisme terdapat keuntungan yaitu :
1) Dapat memberikan kemudahan kepada siswa dalam mempelajari konsep IPA.
2) Melatih siswa berfikir kritis dan kreatif.
Adapun kelemahan pembelajaran konstruktivisme adalah :
1) Siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, tidak jarang bahwa hasil konstruksi siswa tidak cocok dengan hasil konstruksi para ilmuan sehingga menyebabkan miskonsepsi.
2) Konstruktivisme menanamkan agar siswa membangun pengetahuannya sendiri, hal ini pasti membutuhkan waktu yang lama dan setiap siswa memerlukan penanganan yang berbeda-beda.
3) Situasi dan kondisi tiap sekolah tidak sama, karena tidak semua sekolah memiliki sarana prasarana yang dapat membantu keaktifan dan kreatifitas siswa.
4. Pembelajaran tentang Energi Gerak
Setiap benda yang melakukan kegiatan atau usaha memerlukan energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Bentuk-bentuk energi antara lain energi gerak, panas, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, dan energi kimia.
Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak, energi gerak dimiliki oleh air dan angin.
B. Kajian Empiris
Dra Prayekti, M.Pd. (2008) dalam penelitiannya yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di SD”, mengungkapkan bahwa :
Kinerja belajar siswa meningkat setelah pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran interaktif. Siswa sangat antusias membahas topik dalam diskusi, dan berusaha menjawab dan menemukan informasi tentang topik tersebut. Siswa saling berebut mengemukakan informasi (apa yang mereka ketahui) tentang topik. Setelah dilakukan pembagian tugas kelompok siswa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.
Agus Wuryanto, S.Pd. (2010), dalam penelitiannya yang berjudul “Pengoptimalan Penerapan Metode Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran IPA” mengungkapkan bahwa :
1. Pengoptimalan penerapan metode interaktif mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran IPA. Adanya peningkatan pemahaman terhadap materi IPA tercermin pada peningkatan nilai hasil evaluasi belajar siswa, baik pada pelaksanaan PTK siklus I maupun pada siklus II.
2. Antusiasme siswa dalam mengikoti proses pembelajaran IPA mengalami peningkatan dengan diterapkannya metode interaktif pada proses pembelajaran. Kesimpulan ini didasarkan dari data hasil observasi rekan sejawat yang menjadi observer pada pelaksanaan pembelajaran, baikpada siklus I maupun pada siklus II. Hal ini juga berkorelasi dengan meningkatnya pencapaian hasil belajar siswa.
C.Kerangka Berfikir
Kondisi Awal
· Pembelajaran masih konvensional
· Pembelajaran Berpusat pada guru
· Siswa kurang memahami materi yang dipelajari
· Siswa kurang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Tindakan
· Menggunakan model pembelajaran konstruktivisme
· Siswa dibawa pada suasana yang dekat dan akrab dengan kehidupan sehari-hari mereka
· Siswa diajak untuk mengembangkan pemahaman yang mereka miliki tentang energi gerak
Kondisi Akhir
· Pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan
· Siswa bisa mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya tentang energi gerak
· Siswa memiliki pengalaman yang bermakna setelah mengikuti pembelajaran
Sebelum dilaksanakan pembelajaran bermodel konstruktivisme, sistem pembelajaran masih menggunakan model konvensional, yaitu berceramah. Guru tidak memperhatikan pemahaman awal peserta didik tentang materi yang akan dipelajari, hal ini terlihat saat memulai pembelajaran guru tidak memberikan apersepsi kepada siswa. Hal ini berakibat siswa kurang antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa kurang mampu memahami materi, dan pada akhirnya tujuan pembelajaran tidak tercapai.
Dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme siswa harus menemukan dan mentransformasikan suatu informasi kompleks ke situasi lain dan informasi itu manjadi milik mereka sendiri. Dengan dasar ini pembelajaran harus dikemas menjadi proses mengkonstruksi bukan menerima pengetahuan.
Proses pembelajaran IPA lebih menekankan pada pembentukan keterampilan memperoleh pengetahuan yaitu daya fikir dan daya kreasi. Sementara daya pikir kreasi sebagai indikator dari perkembangan kognitif itu sendiri bukan merupakan akumulasi kepentingan perubahan perilaku terpisah melainkan merupakan pembentukan oleh anak, suatu kerangka teori belajar terhadap usaha seseorang dalam mengkonstruksi pengetahuannya.
Sehingga dengan diterapkannya pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran IPA, siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran dan lebih memahami penjelasan guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
D.Hipotesis Tindakan
Dari hasil analisis tindakan, penulis membuat hopotesis bahwa, jika guru menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dengan siswa melakukan percobaan mengenai energi gerak dan siswa berperan aktif dalam pembelajaran maka pemahaman siswa tentang energi gerak akan meningkat.
bantu aku, karena aku lagi mau nyusun skripsi. tapi aku belum tahu cara buat proposal n skripsinya....??? tolong ya krm ke email aku jaldy_ridar@yahoo.com.trima ksih....wassalam...???
BalasHapusaku pernah posting tentang format pembuatan proposal, lho, mas jaldy. di buku-buku penelitian tindakan kelas jg dijabarkan dngn jelas kok, unsur2 proposal. ^_^
BalasHapusMOMOY, JOIN KE BLOG AQ EA, http://flushrony.blogspot.com/
BalasHapusproposalnya kurang lengkap thu, mana Bab III nya....????
BalasHapus