Laman

Sabtu, 16 Juli 2011

RPP Matematika SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH DASAR                             :
MATA PELAJARAN                           : Matematika
KELAS/ SEMESTER                           : IV/ I
ALOKASI WAKTU                             : 3 x 35 menit
TAHUN PELAJARAN                                    : 2010/ 2011

I.         Standar Kompetensi
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah.

II.      Kompetensi Dasar
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.

III.   Indikator
              4.2.1            Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling segitiga.
              4.2.2            Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling jajargenjang.
              4.2.3            Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling gabungan beberapa bangun datar.

IV.   Tujuan pembelajaran
1.      Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling segitiga dengan benar.
2.       Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas segitiga dengan benar.
3.      Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling jajargenjang dengan benar.
4.      Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas jajargejang dengan benar.
5.      Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling gabungan beberapa bangun datar dengan benar.
6.      Melalui pengerjaan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas gabungan beberapa bangun datar dengan benar.

V.      Materi pembelajaran
Keliling dan luas bangun datar

VI.   Strategi Pembelajaran
1.         Metode                     : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2.         Pendekatan               : Kooperatif
3.         Model                                   : (Teams Groups Tournaments) TGT

VII.Sumber Belajar
1.      Buku Matematika Kelas IV
2.      Alat-alat peraga, seperi benda-benda yang serupa segitiga maupun jajargenjang.

VIII.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Siswa
Waktu
Pra Kegiatan:
·         Mempersiapkan media dan sumber belajar.
·         Pengkondisian kelas.
·         Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal:
Appersepsi
Penyajian Kelas:
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya mengenai keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
·         Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan turnamen dengan topik segitiga dan jajargenjang yang telah kita pelajari bersama minggu lalu.”
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus memiliki semangat kompetisi yang tinggi dalam turnamen ini. Bermainlah dengan cara yang sportif.”
5 menit
Kegiatan inti:
 Eksplorasi
Belajar Kelompok (Team Study):
·         Guru bersama siswa menyiapkan area turnamen dengan meja-meja turnamennya.
·         Guru mempersiapkan papan skor, kotak soal dan alat permainan.
·         Siswa menempati meja turnamen sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. Pembagian kelompok memperhatikan tingkat heterogenitas yang merata.
·         Setiap kelompok berdiskusi menentukan posisi anggota kelompok yang menjadi ketua tim.
·         Guru menyampaikan pertanyaan-pertannyaan terbuka yang dapat langsung dijawab oleh semua siswa, atau menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan, agar semua siswa siap untuk menjawab.
·         Siswa mendiskusikan jawaban dalam kelompoknya masing-masing. Setiap kelompok berkewajiban memastikan setiap anggotanya paham dengan jawaban atas pertanyaan yang diberikan.
·         Guru memberi penjelasan tentang jawaban siswa, mengapa jawaban tersebut benar atau salah.  
15 menit
Elaborasi
Turnamen (Tournament):
·         Siswa menempatkan diri dalam posisinya masing-masing dalam tim.
·         Urutan pertama dalam setiap meja turnamen ditempati oleh pemain pertama, yang terdiri dari pemain dan para penantang dari kelompok lain.
·         Soal dibacakan oleh pembaca soal dari tim pemain.
·         Para pemain pertama mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan batas waktu mengerjakan yang tertera dalam soal.
·         Pembaca soal membacakan atau menuliskan jawaban soal.
·         Pemain yang dapat menjawab benar berhak mendapatkan kartu poin. Jika pemain menjawab salah, maka poin diberikan kepada penantang pertama yang memberikan jawaban benar (pemain lain yang berani menantang). Jika semua pemain menjawab benar, maka semua mendapatkan poin.
·         Setelah permainan sesi pertama selesai, para pemain pertama bergeser searah jarum jam, sehingga pemain pertama menjadi pembaca soal, pemain kedua menjadi pemain pertama, dan pembaca soal sebagai penantang. Permainan putaran pertama dilakukan hingga semua pemain merasakan posisi sebagai pemain, penantang, dan pembaca soal.
·         Setelah permainan putaran pertama selesai, dilanjutkan dengan turnamen putaran kedua, hingga putaran terakhir dilakukan.
·         Guru mencatat skor individu dalam setiap tim selama permainan.
60 menit
Konfirmasi
·         Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·         Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran.

Penghargaan Kelompok (Team Recognition):
·         Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor individu hasil dari turnamen.
·         Guru memberi sertifikat atau penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada rata-rata nilai perkembangan individu dalam kelompoknya.
·         Penghargaan diberikan dengan kriteria:
Kriteria ( Rerata Kelompok )
Predikat
30 sampai 39
Tim Kurang baik
40 sampai44
Tim Baik
45 sampai 49
Tik Baik Sekali
50 ke atas
Tim Istimewa
10 menit
Kegiatan Akhir:
Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa.
·         Memberikan penugasan rumah
v Menggambar denah dan mengukur luas kamar tidur.
·         Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10 menit
IX.   Evaluasi 
a.                             Prosedur tes    : proses dan hasil
b.                            Jenis tes           : uraian
c.                             Bentuk tes       : tertulis
d.                            Alat tes            : soal – soal




Semarang, 23 Maret 2011
  Mengetahui,
  Dosen Pembimbing                                                               Praktikan


 (                      )                                                           (Maoidatul Dwi Kurniati)
   NIP.                                                                         NIM. 1402408303





Tidak ada komentar:

Posting Komentar