Laman

Sabtu, 16 Juli 2011

RPP Matematika SD NHT

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah Dasar                 :
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/ Semester              : IV/ I
Alokasi Waktu                : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
Tahun Pelajaran               : 2011/2012

I.              Standar Kompetensi
2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
II.           Kompetensi Dasar
2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB).
III.         Indikator
2.3.1.      Menyebutkan kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan dari dua bilangan.
2.3.2.      Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pasangan bilangan.
2.3.3.      Menerapkan KPK dan FPB dalam memecahkan masalah sehari-hari.
IV.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menemukan kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan dari dua bilangan dengan benar melalui dakon bilangan.
2.      Siswa dapat menyebutkan kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan dari dua bilangan dengan benar melalui garis bilangan.
3.      Siswa dapat menunjukkan KPK dan FPB dari dua bilangan dua angka dengan benar melalui permainan Dakon Bilangan.
4.      Siswa dapat menemukan KPK dan FPB dari dua bilangan dua angka benar dengan Faktor Prima.
5.      Siswa dapat menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan benar melalui cerita yang disampaikan guru.
6.      Siswa dapat menerapkan KPK dan FPB dengan baik dengan mengerjakan soal-soal cerita yang diberikan oleh guru.
V.           Materi Pembelajaran
KPK dan FPB
VI.        Media dan Sumber Belajar
1.      Dakon Bilangan
2.      Buku Ayo Belajar Matematika 4: untuk SD dan MI Kelas IV Karangan Burhan Mustaqim dan Ary Astuti.
VII.      Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan                           :Kooperatif
2.      Model Pembelajaran  :NHT (Number Head Together)
3.      Metode                                 :Ceramah, Diskusi Kelompok, Tanya Jawab.
VIII.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Peserta Didik
Waktu
Pra Kegiatan
1.      Mempersiapkan media dan sumber belajar.
2.      Pengkondisian kelas.
3.      Salam.
4.      Doa.
5.      Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal
1.      Appersepsi, dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik mengenai materi yang telah diajarkan sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
2.      Memotivasi, memberi respon positif terhadap jawaban siswa.
3.      Menginformasikan tujuan pembejaran.
4.      Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
10 menit
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
1.      Guru menggali pengetahuan siswa mengenai cara untuk menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan.
2.      Siswa menjawab pertanyaan guru.
3.      Guru memperagakan cara penggunaan dakon bilangan.
4.      Siswa diberi kesempatan untuk memperagakan penggunaan dakon bilangan.
10 menit
Elaborasi
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan 4 orang.
2.      Setiap anggota dalam kelompok berhitung dan mengingat nomor urutnya.
3.      Guru membagikan dakon bilangan untuk setiap kelompok.
4.      Setiap anggota dalam kelompok memperagakan permainan dakon bilangan.
5.      Setiap kelompok mendapatkan 4 LKS, masing-masing anak mengerjakan LKS berdasarkan nomor urutnya.
6.      Setiap anggota kelompok mengerjakan LKS yang diperolehnya.
7.      Setiap anggota mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman lain dalam kelompoknya.
8.      Peserta didik dari masing-masing kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya.
9.      Kelompok lain memberi tanggapan dan masukan kepada kelompok yang presentasi.
10.  Peserta didik yang mendapat undian 2 maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil pemikirannya, selanjutnya giliran yang mendapatkan nomor urut 3 dan seterusnya.
60 menit
Konfirmasi
1.      Memfasilitasi peserta didik menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
2.      Memberi pujian terhadap jalannya diskusi.
3.      Memberi bintang prestasi kepada kelompok yang aktif dalam kegiatan diskusi dan presentasi.
10 menit
Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran.
2.      Refleksi terhadap kegiatan diskusi yang telah berlangsung.
3.      Memberi penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan peserta didik.
4.      Memberikan PR.
5.      Menyampaikan topik pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
10 menit

IX.        Penilaian
1.      Jenis Tes
a.       Tes tertulis           : ada
b.      Tes lisan              : ada
c.       Tes unjuk kerja    : ada
2.      Instrumen Tes Tertulis
1)      Sebutkan kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan dari 12 dan 16! (skor 4)
2)      Carilah KPK dan FPB dari bilangan 12 dan 14 melalui faktorisasi prima! (skor 4)
3)      Ema dan Menik sama-sama ikut les matematika. Ema masuk setiap 4 hari sekali, sedangkan Menik masuk setiap 6 hari sekali. Jika hari ini mereka masuk les bersama-sama, berapa hari lagi mereka masuk les bersama-sama dalam waktu terdekat? (skor 6)
4)      Pak Jono ingin menjual dua jenis padi hasil panennya. Padi jenis A 200 kuintal dan padi jenis B 150 kuintal. Ia akan memasok ke beberapa took sama banyak.Berapa toko yang dipasok Pak Jono paling banyak? (skor 6)
5)      Ada 3 buah lampu, merah, kuning, dan hijau. Mula-mula ketiga lampu itu menyala serentak bersamaan. Kemudian, lampu merah menyala setiap 3 detik, lampu kuning menyala setiap 4 detik, dan lampu hijau menyala setiap 5 detik. Tiap berapa detik ketiga lampu itu menyala bersamaan? (skor 5)

Kunci Jawaban
1)      Faktor 12 = 1, 2, 3, 4, 6, 12
Faktor 16 = 1, 2, 4, 8, 16
Faktor persekutuan 12 dan 16 adalah 1, 2, dan 4.
Kelipatan 12 = 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, 96, ...
Kelipatan 16 = 16, 32, 48, 64, 80, 96, ...
Kelipatan persekutuan 12 dan 16 adalah 48 dan 96.
2)      Faktorisasi prima dari 12 = × 3
Faktorisasi prima dari 14 = 2 × 7
KPK dari 12 dan 14 =
FPB dari 12 dan 14 = 2
3)      Diketahui      :      Ema dan Menik ikut les matematika
Ema masuk 4 hari sekali, Menik masuk 6 hari sekali
Hari ini mereka les bersama
Ditanyakan   :      Berapa hari lagi mereka les bersama lagi?
Jawab            :   
Banyaknya hari mereka les bersama lagi yaitu KPK dari 4 dan 6.
Kelipatan 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, ...
Kelipatan 6 = 6, 12, 18, 24, ...
KPK dari 4 dan 6 adalah 12. Jadi, Ema dan Menik akan les bersama lagi 12 hari lagi.
4)      Diketahui      :      Pak Jono akan menjual padi
200 Kw padi jenis A, 150 Kw padi jenis B
Akan dipasok ke beberapa toko dengan sama banyak.
Ditanyakan   :      Berapa paling banyak toko dapat dipasok Pak Joko?
Jawaban        :    
Untuk mencari jumlah maksimal toko yang bisa dipasok, dengan mencari FPB dari 150 dan 200.
Faktorisasi prima dari 150 =
Faktorisasi prima dari 200 =
FPB dari 150 dan 200 =  = 50. Jadi, jumlah toko paling banyak yang dapat dipasok Pak Joko adalah 50 toko.
5)      Diketahui      :      3 lampu, yaitu merah, kuning, hijau.
Ketiga lampu menyala bersama.
Lampu merah menyala setiap 3 detik, lampu kuning setiap 4 detik, dan lampu hijau setiap 5 detik.
Ditanyakan   :      Tiap berapa detik ketiga lampu menyala bersama?
Jawab           :    
Untuk mengetahui setip berapa detik lampu menyala bersamaan, dicari KPK dari 3, 4, dan 5.
Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, 33, 36, 39, 42, 45, 48, 51, 54, 57, 60, 63, 66, ...
Kelipatan dari 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, 48, 52, 56, 60, 64, 68, ...
Kelipatan dari 5 = 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50, 55, 60, 65, 70, 75, ...
KPK dari 3, 4, dan 5 adalah 60. Jadi, ketiga lampu akan menyala secara bersamaan setiap 60 detik sekali, atau setiap 1 menit.

Skor Penilaian =

3.      Instrumen Penilaian Proses
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Ket
Keantusiasan
Keaktifan
Kerjasama
1
2
3
1
2
3
1
2
3
















































Petunjuk:memberikan tanda ceklis ( V) pada kolom yang sesuai
Nilai 1     : Kurang    
2        : Cukup
3        : Baik
        Keterangan :
        Jumlah nilai ketiga aspek   9           : Baik sekali   ( A )
                                                  7 – 8  : Baik             ( B )
                                                  5 – 6 :  Cukup          ( C )
                                                  < 5     :  Kurang          ( K )

Semarang, …………………

Kepala Sekolah                                                Guru Kelas


        (                             )                                      (                             )



LEMBAR KEGIATAN SISWA 1
Kelompok:
1.      ……………………………….
2.      ……………………………….
3.      ……………………………….
4.      ……………………………….

Gunakanlah dakon bilangan untuk menentukan KPK dan FPB dari pasangan bilangan berikut!
a)    4 dan 6
b)   8 dan 12
c)    3 dan 9
d)   14 dan 16
e)    24 dan 16

LEMBAR KEGIATAN SISWA 2
Kelompok:
1.      ……………………………….
2.      ……………………………….
3.      ……………………………….
4.      ……………………………….

Gambarlah pada garis bilangan, pasangan bilangan berikut, kemudian tentukan KPK dari pasangan bilangan di bawah ini!
a)        2 dan 3
b)        4 dan 6
c)        2, 3, dan 4
d)        6 dan 8
e)        4, 6, dan 12


LEMBAR KEGIATAN SISWA 3
Kelompok:
1.      ……………………………….
2.      ……………………………….
3.      ……………………………….
4.      ……………………………….

Uraikanlah pasangan bilangan berikut ke dalam bentuk perkalian fakor-faktor primanya, kemudian, tentukan FPB dan KPK nya!
a)    24 dan 32
b)   12 dan 42
c)    68 dan 22
d)   96 dan 34
e)    72 dan 46

LEMBAR KEGIATAN SISWA 4
Kelompok:
1.      ……………………………….
2.      ……………………………….
3.      ……………………………….
4.      ……………………………….

Tulislah permasalahan sehari-hari yang menggunakan konsep FPB dan KPK!
a)    ..............................................................................................................................
b)   ..............................................................................................................................
c)    ..............................................................................................................................
d)   ..............................................................................................................................
e)    ..............................................................................................................................
f)     ..............................................................................................................................
g)    ..............................................................................................................................

Selesaikanlah permasalahan berikut dengan konsep KPK dan FPB!
1.        Anggota pramuka dari kelas 5 dan 6 sebuah SD mengadakan persami. Anggota pramuka dari kelas 5 sebanyak 48 orang dan dari kelas 6 sebanyak 40 orang. Untuk acara baris-berbaris, anggota pramuka itu harus dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok merupakan campuran dari kelas 5 dan kelas 6 dengan jumlah anggota kelompok yang sama. Buatlah kelompok sebanyak-banyaknya dari pernyataan tersebut!
2.        Kakek dan paman mengunjungi kami secara bersamaan setiap 180 hari sekali. Bila Paman mengunjungi kami setiap 60 hari, Setiap beberapa harikah kakek mengunjungi kami agar bisa bersamaan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar