· Sebagian besar (52,63%), 10 dari 19 siswa kelas V kurang memahami pelajaran matematika sehingga nilai rata-rata ulangan hariannya rendah atau tidak tuntas .
· Sebanyak 42,11%, 8 dari 19 siswa kelas V belum menguasai materi Bahasa Indonesia
· Sebanyak 31,58% , 6 dari 19 siswa kelas V kesulitan dalam memahami materi IPA
II. ANALISIS MASALAH
Sebagian besar (52,63%) 10 dari 19 siswa kelas V kurang memahami pelajaran matematika sehingga nilai rata-rata ulangan hariannya rendah atau tidak tuntas .
Alasan:
Alasan dari pemilihan masalah yang harus segera diatasi ini, karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting yang nantinya dijadikan dasar untuk menguasai mata pelajaran yang lain, misal IPA dan IPS, dll. Selain itu banyak sekali siswa yang mengalami masalah ini yang mencapai lebih dari 50% sehingga sangat perlu untuk segera diadakan perubahan.
III. AKAR PENYEBAB MASALAH
Ø Dari Guru
· Kurangnya adanya motivasi yang diberikan guru kepada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan belajar mengajar.
· Guru hanya menggunakan metode ceramah saat memberikan materi.
· Guru belum menggunakan inovasi dalam pembelajaran
· Guru kurang memperhatikan keaktifan siswa pada saat proses belajar.
· Guru kurang memperhatikan hasil pekerjaan tugas siswa, baik tugas di kelas maupun tugas rumah (PR).
· Guru hanya menggunakan buku panduan sebagai sumber belajar.
· Guru belum menggunakan alat peraga selama proses pembelajaran.
Ø Dari Siswa
· Rendahnya minat dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.
· Siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
· Kemampuan siswa dalam menyerap materi ajar yang diajarkan sangat rendah.
Ø Dari KBM
· Kelas tidak kondusif, karena siswa tidak aktif selain itu siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran.
IV. SOLUSI/ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
Berdasarkan akar penyebab masalah yang paling mendominasi adalah dari guru. Dari berbagai masalah yang sumbernya guru salah satunya yaitu guru kurang berinovasi dalam mengembangkan pembelajarannya, sehingga siswa kurang aktif. Maka, solusi pembelajaran yang menurut saya sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.
V. FORMULASI HIPOTESIS TINDAKAN
Dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) maka kualitas pembelajaran matematika pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Sawangan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen dapat meningkat.
VI. RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN SESUAI SOLUSI
· Membuat perencanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT)
· Merancang dan mengembangkan skenario pembelajaran sesuai perencanaan.
· Membuat RPP sesuai skenario pembelajaran yang ada.
· Menyiapkan sumber belajar dan media pembelajaran.
· Membuat alat pengumpul data yakni lembar observasi, angket, dan wawancara.
VII. JUDUL PTK YANG DIUSULKAN
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SAWANGAN
DAFTAR NILAI RATA-RATA ULANGAN HARIAN
KELAS V SD N 02 SAWANGAN ALIAN KEBUMEN
No | Nama Siswa | Nilai Ulangan Harian | |||||
Matematika | Bahasa Indonesia | IPA | |||||
Nilai | KKM | Nilai | KKM | Nilai | KKM | ||
1. | Aulia Nurchayati | 35 | 60 | 70 | 63 | 59 | 61 |
2. | Topik Hidayat | 45 | 60 | 65 | 63 | 60 | 61 |
3. | Eko Agus Prasetyo | 40 | 60 | 60 | 63 | 72 | 61 |
4. | Kiko Purwanto | 50 | 60 | 70 | 63 | 75 | 61 |
5. | Retno Adi Purnomo | 55 | 60 | 70 | 63 | 68 | 61 |
6. | Afi Nurrahmawati | 60 | 60 | 75 | 63 | 76 | 61 |
7. | Arofah Afriyani | 50 | 60 | 45 | 63 | 68 | 61 |
8. | Arif Handoyo | 55 | 60 | 80 | 63 | 69 | 61 |
9. | Anggun Lestari | 75 | 60 | 40 | 63 | 64 | 61 |
10. | Aji Prasetyo | 55 | 60 | 70 | 63 | 60 | 61 |
11. | Dewi Retnosari | 60 | 60 | 50 | 63 | 76 | 61 |
12. | Istina Mubarokah | 45 | 60 | 50 | 63 | 75 | 61 |
13. | Irfangi | 60 | 60 | 40 | 63 | 70 | 61 |
14. | Leni Prasetyana | 85 | 60 | 50 | 63 | 66 | 61 |
15. | Ngatourohman | 50 | 60 | 85 | 63 | 70 | 61 |
16. | Reksi Alim | 60 | 60 | 65 | 63 | 54 | 61 |
17. | Robbi Devgantoro | 75 | 60 | 60 | 63 | 58 | 61 |
18. | Saeful Awwaludin | 65 | 60 | 50 | 63 | 75 | 61 |
19. | Catur Hari Prasetyo | 60 | 60 | 70 | 63 | 59 | 61 |
Jumlah | 1080 | 1.165 | 1087 | ||||
Rata-rata Kelas | 56,84 | 61,32 | 57,21 |
IDENTIFIKASI MASALAH
(i) (ii) (iii)
i.Sebagian besar (52,63%) 10 dari 19 siswa kelas V kurang aktif dalam mengikuti pelajaran Matematika sehingga nilai rata-rata ulangan hariannya rendah atau tidak tuntas .
ii.Sebanyak 42,11% 8 dari 19 siswa kelas V belum menguasai materi Bahasa Indonesia.
iii.Sebanyak 31,58% 6 dari 19 siswa kelas V kesulitan dalam memahami materi IPA.
DAFTAR NILAI ULANGAN HARIAN MATEMATIKA
KELAS V SD N 02 SAWANGAN ALIAN KEBUMEN
STANDAR KETUNTASAN : 6,0
No. Urut | Nama | Nilai | Nilai rata-rata | Keterangan | ||
UH 1 | UH 2 | UH 3 | ||||
1 | Aulia Nurchayati | 40 | 35 | 30 | 35 | Tidak Tuntas |
2 | Topik Hidayat | 50 | 45 | 40 | 45 | Tidak Tuntas |
3 | Eko Agus Prasetyo | 30 | 40 | 50 | 40 | Tidak Tuntas |
4 | Kiko Purwanto | 50 | 45 | 55 | 50 | Tidak Tuntas |
5 | Retno Adi Purnomo | 50 | 60 | 55 | 55 | Tidak Tuntas |
6 | Afi Nurrahmawati | 60 | 65 | 55 | 60 | Tuntas |
7 | Arofah Afriyani | 50 | 45 | 55 | 50 | Tidak Tuntas |
8 | Arif Handoyo | 50 | 55 | 60 | 55 | Tidak Tuntas |
9 | Anggun Lestari | 70 | 70 | 85 | 75 | Tuntas |
10 | Aji Prasetyo | 60 | 50 | 55 | 55 | Tidak Tuntas |
11 | Dewi Retnosari | 65 | 60 | 55 | 60 | Tuntas |
12 | Istina Mubarokah | 50 | 40 | 35 | 45 | Tidak Tuntas |
13 | Irfangi | 50 | 65 | 65 | 60 | Tuntas |
14 | Leni Prasetyana | 80 | 90 | 85 | 85 | Tuntas |
15 | Ngatourohman | 50 | 55 | 45 | 50 | Tidak Tuntas |
16 | Reksi Alim | 50 | 60 | 70 | 60 | Tuntas |
17 | Robbi Devgantoro | 70 | 80 | 75 | 75 | Tuntas |
18 | Saeful Awwaludin | 60 | 70 | 65 | 65 | Tuntas |
19 | Catur Hari Prasetyo | 50 | 60 | 70 | 60 | Tuntas |
JUMLAH | 1035 | 1100 | 1095 | 1080 | ||
RATA-RATA KELAS | 54,47 | 57,89 | 57,63 | 56,84 |
GRAFIK NILAI ULANGAN HARIAN MATEMATIKA
Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada 3 nilai ulangan harian matematika. Dari 3 kali ulangan harian nilai terendah berada di kelas 30-39 yaitu 30 pada UH 1 dan 2. Sedangkan nilai tertinggi berada di kelas 90-99 yaitu 90 pada UH 2. Nilai yang paling banyak muncul dari 3 kali UH yaitu berada pada kelas 50-59.
PROSENTASE KETIDAKTUNTASAN SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN NILAI RATA-RATA ULANGAN HARIAN
Dari 3 kali ulangan harian didapatkan nilai rata-rata siswa. Siswa yang nilai rata-ratanya tidak tuntas sebanyak 10 siswa dari 19 siswa
Presentase ketidaktuntasan = x100% = 52,63%
Presentase Ketuntasan = x 100 % = 47,37 %
TABEL
DISTRIBUSI FREKUENSI
DATA NILAI RATA-RATA ULANGAN MATEMATIKA
No | Kelas | Frekuensi (f) | Persentase | Xi | f x Xi |
1 | 30-39 | 1 | 5,3% | 34 | 34 |
2 | 40-49 | 2 | 10,5% | 44 | 88 |
3 | 50-59 | 7 | 36,8% | 54 | 378 |
4 | 60-69 | 6 | 31,6% | 64 | 384 |
5 | 70-79 | 2 | 10,5% | 74 | 148 |
6 | 80-89 | 1 | 5,3% | 84 | 84 |
Jumlah | 19 | 100% | 1080 |
Nilai rata-rata tertinggi : pada kelas 80-89
Nilai rata-rata terendah : pada kelas 30-39
Nilai rata-rata kelas = 1080
19
= 56,84
Nilai rata-rata yang sering muncul terletak pada kelas 50-59
Taksiran berdasarkan analisis data di atas yaitu:
Nilai Tuntas = 9 x 100%
Frekuensi 19
= 47,37% ( siswa tuntas)
Sedangkan yang tidak tuntas sebesar 52,63%.
Dari tabel di atas, menunjukkan bahwa 47,37% siswa mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 52,63% siswa mengalami ketidaktuntasan belajar. Sangat jelas terlihat sebaran nilai rata ulangan harian matematika berkisar dari nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 85. Adapun nilai terendah berada pada kelas 30-39 ,yaitu 35 dan nilai tertinggi pada kelas 80-89, yaitu 85. Dan nilai rata-rata kelas adalah 56,84.
Catatan Hasil Wawancara
Nama Sekolah : SD N 02 Sawangan
Hari/Tanggal : 19 November 2010
Kelas : V
Semester : Gasal
Bapak Faisal adalah nama guru kelas V SD N 02 Sawangan . Berdasarkan hasil wawancara dengan beliau, didapatkan hasil wawancara sebagai berikut:
Pada saat proses KBM berlangsung, khususnya pada mata pelajaran matematika, bapak Faisal mengamati banyak siswa kurang aktif dan lebih banyak pasif dalam mengikuti pelajaran matematika. Sehingga mereka kurang memahami materi yang menyebabkan sebagian besar siswa memiliki nilai rendah atau tidak tuntas dalam ulangan harian matematika. Ada 10 siswa dari 19 siswa yang nilainya di bawah KKM. Sebagian besar dari mereka memang tergolong siswa yang kurang aktif. Ketika ada materi yang belum dipahami mereka cenderung diam dan tidak mau bertanya.
Guru Kelas V
SDN 02 Sawangan
Faisal Arsyad, A.Ma.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar