Laman

Sabtu, 16 Juli 2011

Proposal PTK Matematika SD 5

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I

SEKOLAH DASAR                 :
MATA PELAJARAN                : Matematika
KELAS/ SEMESTER               : VI/ II
ALOKASI WAKTU                 : 3 x 35 menit
TAHUN PELAJARAN             : 2010/ 2011

I.         Standar Kompetensi
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
II.      Kompetensi Dasar
              5.1            Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
              5.2            Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
III.   Indikator
              5.1.1            Menyebutkan pecahan-pecahan yang senilai
              5.1.2            Menulis letak pecahan pada garis bilangan
              5.1.3            Membandingkan dua pecahan
              5.1.4            Mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut sama
               5.2.1            Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa
               5.2.2            Menentukan bentuk desimal dari suatu pecahan
IV.   Tujuan pembelajaran
1.         Melalui kegiatan mengarsir Desimal Square, siswa dapat menemukan pecahan-pecahan yang senilai dengan benar.
2.         Melalui garis bilangan, siswa dapat menentukan letak pecahan pada garis bilangan dengan benar.
3.         Melalui kartu Desimal Square, siswa dapat membandingkan dua pecahan dengan memberikan tanda <, >, atau =.
4.         Melalui garis bilangan, siswa dapat mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut sama dengan benar.
5.         Melalui konsep pecahan berpenyebut sama, siswa dapat mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa dengan benar.
6.         Melalui konsep bilangan persen, siswa dapat mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal.
V.      Materi pembelajaran
Pecahan
VI.   Strategi Pembelajaran
1.         Metode                     : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2.         Pendekatan               : Kooperatif
3.         Model                       : (Teams Groups Tournaments) TGT
VII.Media dan Sumber Belajar
1.         Buku Matematika Kelas VI
2.         Internet
3.         Desimal Square
4.         Gambar-gambar pecahan
5.         Pohon Soal
VIII.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Pertemuan I
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Siswa
Waktu
Pra Kegiatan:
·         Mempersiapkan media dan sumber belajar.
·         Pengkondisian kelas.
·         Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal:
Appersepsi
Penyajian Kelas:
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya mengenai konsep daras pecahan.
·         Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa.
5 menit
Kegiatan inti:
 Eksplorasi
Belajar Kelompok (Team Study):
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan orang siswa.
·         Siswa berkumpul dalam kelompoknya masing-masing.
·         Guru mengajukan pertanyaan terbuka mengenai nilai pecahan yang tertera dalam gambar.
·         Siswa diminta menggambarkaan letak pecahan tersebut dalam garis bilangan.
·         Guru memberikan media Desimal Square kepada setiap kelompok.
·         Guru mencontohkan cara menggunakan alat tersebut untuk mencari nilai pecahan-pecahan yang senilai.
·         Siswa diberi kesempatan untuk memperagakan penggunaan alat tersebut.
15 menit
Elaborasi
Permainan (Games):
·         Siswa menyiapkan lembaran kertas folio.
·         Guru meminta salah seorang siswa untuk mengambil salah satu kartu soal pada pohon soal, kemudian membacakan permasalahan yang ada di dalamnya.
·         Setiap siswa mengerjakan permasalahan tersebut dalam kertas folio.
·         Setiap kelompok mendiskusikan jawaban permasalahan yang diperoleh masing-masing anggota dan boleh saling membantu.
·         Setiap kelompok berlomba-lomba untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan lebih dulu, agar mendapat kesempatan menjawab dan mendapatkan poin.
·         Setelah batas waktu yang telah ditentukan, siswa saling berkompetisi dengan mengacungkan jari untuk dapat menjawab pertanyaan.
·         Apabila jawaban kelompok benar, maka diberikan poin kepada siswa tersebut yang akan diakumulasikan sebagai skor tim dalam turnamen pada pertemuan berikutnya. Jika jawaban kelompok salah, kelompok lain dapat mengajukan jawaban.
·         Guru mencatat skor individu dan skor kelompok selama permainan berlangsung.
55 menit
Konfirmasi
·         Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·         Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran.

Penghargaan Kelompok (Team Recognition):
·         Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor individu hasil dari permainan.
·         Guru memberikan bintang penghargaan kepada kelompok dengan jumlah poin tertinggi.
·         Guru memberikan motivasi kepada kelompok lain untuk lebih bersemangat belajar, agar dapat menyusul ketinggalan poin mereka dalam turnamen yang akan diadakan pada pertemuan berikutnya.
15 menit
Kegiatan Akhir:
Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa.
·         Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

Pertemuan II
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Siswa
Waktu
Pra Kegiatan:
·         Mempersiapkan media dan sumber belajar.
·         Pengkondisian kelas.
·         Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal:
Appersepsi
Penyajian Kelas:
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya.
·         Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan turnamen dengan topik yang telah kita pelajari bersama pada pertemuan sebelumnya.”
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus memiliki semangat kompetisi yang tinggi dalam turnamen ini. Bermainlah dengan cara yang sportif.”
5 menit
Kegiatan inti:
 Eksplorasi
Belajar Kelompok (Team Study):
·         Guru bersama siswa menyiapkan area turnamen dengan meja-meja turnamennya.
·         Guru mempersiapkan papan skor, kotak soal dan alat permainan.
·         Siswa menempati meja turnamen sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. Pembagian kelompok memperhatikan tingkat heterogenitas yang merata.
10 menit
Elaborasi
Turnamen (Tournament):
·         Guru memanggil siswa yang akan menjalani turnamen putaran pertama untuk menempatkan diri pada meja turnamen. 
·         Guru menentukan siswa yang menjadi pemain, penantang, dan pembaca soal.
·         Pembaca soal bertugas mengambil pertanyaan dari pohon pertanyaan dan membacakan pertanyaan yang ada di dalamnya.
·         Para pemain mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan batas waktu mengerjakan yang tertera dalam soal.
·         Pembaca soal membacakan atau menuliskan jawaban soal, guru menambahkan penjelasan.
·         Pemain yang dapat menjawab benar berhak memegang kartu poin.
·         Penantang boleh menantang jika jawabannya berbeda dengan jawaban pemain pertama. Kartu poin akan diberikan jika jawaban penantang benar.
·         Permainan dilakukan terus menerus searah jarum jam, sehingga semua siswa yang bermain pada putaran pertama mendapat giliran menjadi pemain, penantang, dan pembaca soal..
·         Setelah putaran pertama selesai, dilanjutkan putaran kedua sehingga semua siswa berpartisipasi dalam permainan.
·         Guru mencatat skor individu dalam setiap tim selama permainan.
60 menit
Konfirmasi
·         Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·         Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran.

Penghargaan Kelompok (Team Recognition):
·         Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor individu hasil dari turnamen dan akumulasi dengan skor pada pertemuan berikutnya.
·         Guru memberi sertifikat atau penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada rata-rata nilai perkembangan individu dalam kelompoknya.
·         Penghargaan diberikan dengan kriteria:
Kriteria ( Rerata Kelompok )
Predikat
30 sampai 39
Tim Kurang baik
40 sampai44
Tim Baik
45 sampai 49
Tik Baik Sekali
50 ke atas
Tim Istimewa
15 menit
Kegiatan Akhir:
Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa.
·         Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10 menit

IX.   Evaluasi 
a.                             Prosedur tes    : proses dan hasil
b.                            Jenis tes           : jawaban singkat
c.                             Bentuk tes       : tertulis
d.                            Alat tes            : soal – soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.      Tulislah bentuk sederhana dari pecahan-pecahan berikut!
a.      
b.     
c.      
d.     
e.      
2.      Urutkanlah pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil sampai terbesar!
a.   
b.   
3.      Berilah tanda <, >, atau = pada pecahan-pecahan berikut!
a.   
b.   
c.   
d.  
e.   
4.      Ubahlah bentuk pecahan campuran berikut menjadi pecahan biasa!
a.   
b.   
c.   
d.  
e.   
5.      Ubahlah bentuk pecahan berikut ke dalam bentuk desimal!
a.   
b.   
c.   
d.  
e.   
Jawaban:
1.      Menyederhanakan pecahan
a.     = 
b.   
c.   
d.  
e.   
2.      Mengurutkan pecahan
a.     =
b.     =
3.      Membandingkan pecahan
a.   
b.   
c.   
d.  
e.   
4.      Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
a.     =
b.     =
c.     =
d.    =
e.     =  
5.      Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
a.     = 0,5
b.     = 1,875
c.     = 0,875
d.    = 0,4375
e.     = 3,25

Skor penilaian:


Semarang, 23 Maret 2011
  Mengetahui,
  Dosen Pembimbing                                                               Praktikan


 (                      )                                                           (Maoidatul Dwi Kurniati)
   NIP.                                                                         NIM. 1402408303




Lampiran Soal

Pertemuan I
Desimal Square
     
     
                  
Dengan menggunakan Desimal Square, carilah pecahan-pecahan yang senilai dengan pecahan berikut!
a.      
b.     
c.      
d.     
e.      

Dengan menggunakan Desimal Square, bandingkanlah pecahan-pecahan berikut dengan memberikan tanda <, >, atau =!
a.        
b.       
c.        
d.       
e.        

Soal Games
1.        Penghasilan Pak Rusdi selama 1 bulan sebesar Rp5.000.000,00. bagian dari penghasilannya digunakan untuk biaya pendidikan putra-putrinya,  bagian untuk kebutuhan hidup sehari-hari,  bagian untuk transportasi, dan sisanya untuk kebutuhan lain-lain. Berapakah biaya yang harus dikeluarkan Pak Rusdi untuk kebutuhan lain-lain?
2.        Perhatikan gambar berikut ini!
Oh, iya. Besok sisanya saya kirim.
 

Kemarin saya pesan 60 kg mangga, kenapa sekarang yang dikirim baru nya yang dikirim?

Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
a.       Berapa kilogram buah mangga yang dipesan oleh penjual buah?
b.      Berapa bagian mangga yang telah diterima oleh penjual buah?
c.       Berapa bagian yang belum dikirim oleh pemasok?
d.      Berapa kilogram buah mangga yang belum dikirim oleh pemasok?
3.    Toni, Anton, dan Dina berangkat ke sekolah berjalan kaki. Waktu yang diperlukan Toni untuk berjalan kaki dari rumah ke sekolah jam. Anton membutuhkan waktu jam, sedangkan Dina membutuhkan waktu jam. Tuliskan urutan siswa dari yang paling lama sampai di sekolah!

Pertemuan II

Soal Turnamen
1.    Menyebutkan pecahan-pecahan yang senilai
a.       Sebutkan 3 pecahan yang senilai dengan  !( , , dan )
b.      Pecahan 2  senilai dengan pecahan....?
2.    Menulis letak pecahan pada garis bilangan
a.       Gambarlah sebuah garis bilangan, kemudian letakkanlah pecahan-pecahan , , , pada garis bilangan!
0                                                1


b.      Tuliskan letak pecahan-pecahan , ,  !
0                                         1


3.    Membandingkan pecahan
a.        ....
b.       ....  
c.        ....  
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II

SEKOLAH DASAR                             :
MATA PELAJARAN                           : Matematika
KELAS/ SEMESTER                           : IV/ II
ALOKASI WAKTU                             : 3 x 35 menit
TAHUN PELAJARAN                                    : 2010/ 2011

I.       Standar Kompetensi
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
II.    Kompetensi Dasar
5.3      Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5.4      Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5      Memecahkan masalah perbandingan dan skala
III. Indikator
             5.3.1     Menentukan nilai pecahan
             5.3.2     Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan
             5.3.3     Mengaplikasikan konsep perbandingan dan skala dalam pemecahan masalah
IV. Tujuan pembelajaran
1.      Melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menemukan nilai pecahan dari suatu kuantitas dengan benar.
2.      Melalui Desimal Square, siswa dapat menemukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan sederhana.
3.      Melalui soal yang diberikan guru, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan.
4.      Melalui soal cerita siswa dapat menerapkan konsep perbandingan dalam penyelesaian masalah dengan benar.
5.      Melalui peta, siswa dapat mengaplikasikan konsep skala dalam menyelesaikan permasalahan dengan benar.
V.    Materi pembelajaran
Operasi Hitung Pecahan
Perbandingan dan Skala
VI. Strategi Pembelajaran
1.      Metode                        : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2.      Pendekatan                 : Kooperatif
3.      Model                          : (Teams Groups Tournaments) TGT
VII.          Media dan Sumber Belajar
1.      Buku Matematika Kelas IV
2.      Desimal Square
3.      Internet
4.      Pohon Pertanyaan
5.      Peta
VIII.       Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Pertemuan I
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Siswa
Waktu
Pra Kegiatan:
·         Mempersiapkan media dan sumber belajar.
·         Pengkondisian kelas.
·         Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal:
Appersepsi
Penyajian Kelas:
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya.
·         Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa.
5 menit
Kegiatan inti:
 Eksplorasi
Belajar Kelompok (Team Study):
·         Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan orang siswa.
·         Siswa berkumpul dalam kelompoknya masing-masing.
·         Guru mengajukan pertanyaan terbuka mengenai nilai pecahan.
·         Guru memperlihatkan sebuah peta.
·         Siswa bersama kelompoknya mencari jarak sebenarnya dari dua kota berdekatan pada peta dengan membaca skalanya.
·         Kelompok yang paling cepat mendapatkan jawaban dan benar dalam menjawabnya akan diberi poin.
15 menit
Elaborasi
Permainan (Games)
·         Guru meminta salah seorang siswa untuk mengambil salah satu kartu soal pada pohon soal, kemudian membacakan permasalahan yang ada di dalamnya.
·         Setiap siswa mencari jawaban dari permasalahan tersebut.
·         Setiap siswa mendiskusikan jawaban permasalahan bersama kelompoknya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
·         Setiap siswa berlomba-lomba untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang diberikan lebih dulu, agar mendapat kesempatan menjawab dan mendapatkan poin.
·         Apabila jawaban kelompok benar, maka diberikan poin yang akan diakumulasikan dalam turnamen pada pertemuan berikutnya. Jika jawaban kelompok salah, siswa lain dapat mengajukan jawaban.
·         Guru mencatat skor individu dan skor kelompok selama permainan berlangsung.
55 menit
Konfirmasi
·         Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·         Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran.

Penghargaan Kelompok (Team Recognition):
·         Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor individu hasil dari permainan.
·         Guru memberikan bintang penghargaan kepada kelompok dengan jumlah poin tertinggi.
·         Guru memberikan motivasi kepada kelompok lain untuk lebih bersemangat belajar, agar dapat menyusul ketinggalan poin mereka dalam turnamen yang akan diadakan pada pertemuan berikutnya.
15 menit
Kegiatan Akhir:
Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa..
·         Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10 menit

Pertemuan II
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran
Kegiatan Guru-Siswa
Waktu
Pra Kegiatan:
·         Mempersiapkan media dan sumber belajar.
·         Pengkondisian kelas.
·         Presensi.
5 menit
Kegiatan Awal:
Appersepsi
Penyajian Kelas:
·         Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya.
·         Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan turnamen dengan topik segitiga dan jajargenjang yang telah kita pelajari bersama minggu lalu.”
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus memiliki semangat kompetisi yang tinggi dalam turnamen ini. Bermainlah dengan cara yang sportif.”
5 menit
Kegiatan inti:
 Eksplorasi
Belajar Kelompok (Team Study):
·         Guru bersama siswa menyiapkan area turnamen dengan meja-meja turnamennya.
·         Guru mempersiapkan papan skor, kotak soal dan alat permainan.
·         Siswa menempati meja turnamen sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya. Pembagian kelompok memperhatikan tingkat heterogenitas yang merata.

15 menit
Elaborasi
Turnamen (Tournament):
·         Guru memanggil siswa yang akan menjalani turnamen putaran pertama untuk menempatkan diri pada meja turnamen.
·         Guru menentukan siswa yang menjadi pemain, penantang, dan pembaca soal.
·         Pembaca soal bertugas mengambil soal dari pohon soal dan membacakan pertanyaan.
·         Para pemain mengerjakan soal yang diberikan sesuai dengan batas waktu mengerjakan yang tertera dalam soal.
·         Pembaca soal membacakan atau menuliskan jawaban soal yang terdapat pada pohon jawaban, guru menambahkan penjelasan.
·         Pemain yang dapat menjawab benar berhak memegang kartu poin.
·         Penantang boleh menantang jika jawabannya berbeda dengan jawaban pemain pertama. Kartu poin akan diberikan jika jawaban penantang benar.
·         Permainan dilakukan terus menerus searah jarum jam, sehingga semua siswa yang bermain pada putaran pertama mendapat giliran menjadi pemain, penantang, dan pembaca soal.
·         Setelah putaran pertama selesai, dilanjutkan putaran kedua dan seterusnya.
·         Guru mencatat skor individu dalam setiap tim selama permainan.
55 menit
Konfirmasi
·         Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
·         Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran.

Penghargaan Kelompok (Team Recognition):
·         Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor individu hasil dari turnamen.
·         Guru memberi sertifikat atau penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada rata-rata nilai perkembangan individu dalam kelompoknya.
·         Penghargaan diberikan dengan kriteria:
Kriteria ( Rerata Kelompok )
Predikat
30 sampai 39
Tim Kurang baik
40 sampai44
Tim Baik
45 sampai 49
Tik Baik Sekali
50 ke atas
Tim Istimewa
15 menit
Kegiatan Akhir:
Penutup
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
·         Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa.
·         Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
10 menit

IX. Evaluasi 
a.       Prosedur tes    : proses dan hasil
b.      Jenis tes           : uraian
c.       Bentuk tes       : tertulis
d.      Alat tes            : soal – soal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.       Kiki mempunyai 20 kelereng. Beberapa kelerengnya akan dibagikan pada Tono dan Deri. Tono mendapat bagian. Deri mendapat bagian. Berapa banyak kelereng Tono?
2.       Ari anak yang hemat. Ari gemar menabung. Tabungan Ari di bank berjumlah Rp200.000,00. Bank memberikan bunga sebesar 6% per tahun. Berapa bunga yang diterima Ari selama 1 tahun?
3.      Di rumah nenek akan diadakan acara arisan. Bibi mengambil 10 cangkir beras dari tempat beras untuk dimasak. Setiap satu cangkir beras beratnya kg. Ibu memberi 3 kg beras untuk dibuat menjadi lontong. Berapa kg jumlah beras yang dimasak?
4.      Hani membeli enam buku tulis dengan harga Rp7.800,00. Evi juga ingin membeli buku tulis seperti yang dibeli Hani. Ia hanya mempunyai uang Rp6.500,00. Bantulah Evi untuk menentukan banyak buku yang dapat dibelinya.
5.      Kebun Pak Iwan berdampingan dengan kebun Pak Nanang. Jumlah luas kedua kebun mereka 270 m2. Perbandingan luas kebun Pak Iwan dengan luas kebun Pak Nanang 4 : 5. Bantulah mereka untuk mengetahui luas kebun masing-masing.

Jawaban soal:
1.      Diketahui     : Kiki mempunyai 20 kelereng.
Dibagikan kepada Tono   bagian dan Deri bagian.
Ditanyakan  :   Berapa banyak kelereng Tono?
Jawab           : 
                        Tono mendapatkan  bagian dari 20, maka:
                         x 20 = 8
                        Jadi, banyaknya kelereng yang diperoleh tono adalah 8.
2.      Diketahui     :  Tabungan Ari di bank berjumlah Rp200.000,00.
Bunga sebesar 6% per tahun.
Ditanyakan  :   Berapa bunga yang diterima Ari selama 1 tahun?
Jawab           : 
                        Bunga yang diterima Ari selama 1 tahun adalah:
                        6% x Rp 200.000,00 = Rp 12.000,00
3.      Diketahui     :  Bibi mengambil 10 cangkir beras.
Satu cangkir beras = kg.
Ibu memberi 3 kg beras untuk dibuat lontong.
Ditanyakan  :   Berapa kg jumlah beras yang dimasak?
Jawab           :
Jumlah beras yang diambil Bibi:
kg x 10 = 2,5 kg
Jadi, jumlah beras yang dimasak:
2,5 kg + 3  kg = 2,5 kg + 3,25 kg = 5,75 kg
4.      Diketahui     :  Hani membeli enam buku tulis Rp7.800,00.
Evi mempunyai uang Rp 6.000,00.
            Ditanyakan  :   Berapakah jumlah buku yang dapat diperoleh Evi?
            Jawab           : 
                                    Harga satu buku: Rp 7.800,00 : 6 = Rp 1.200,00
                                    Jumlah buku yang diperoleh Evi:
                                    Rp 6.000,00 : Rp 1.200,00 = 5

5.      Diketahui     :  Jumlah luas kebun Pak Iwan dan Pak Nanang = 270 m2.
Perbandingan luas kebun 4 : 5.
Ditanyakan  :   Berapa luas kebun mereka masing-masing?
Jawab           : 
                        Luas kebun Pak Iwan:
                           x 270 = 120
                        Luas kebun Pak Nanang:
                                       x 270 = 150


Skor Penilaian:

Semarang, 23 Maret 2011
  Mengetahui,
  Dosen Pembimbing                                                               Praktikan


 (                      )                                                           (Maoidatul Dwi Kurniati)
   NIP.                                                                         NIM. 1402408303




Lampiran Soal

Pertemuan I

Perhatikanlah peta di bawah ini!
Ukurlah jarak kota-kota berikut pada peta, kemudian, carilah jarak sebenarnya!
1.    Semarang-Pemalang
Jarak pada peta: ........... cm
Jarak sebenarnya:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.    Magelang-Yogyakarta
Jarak pada peta: ........... cm
Jarak sebenarnya:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Rembang-Semarang
Jarak pada peta: ........... cm
Jarak sebenarnya:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    Purbalingga-Salatiga
Jarak pada peta: ........... cm
Jarak sebenarnya:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.    Brebes-Banjarnegara
Jarak pada peta: ........... cm
Jarak sebenarnya:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Jumlah karyawan di Bank ini 350 orang.
Perbandingan jumlah pegawai laki-laki dan perempuan di Bank ini adalah 5:7.

Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.        Berapakah perbandingan antara banyak karyawan laki-laki dengan banyak karyawan perempuan di Bank tersebut?
2.        Berapakah banyaknya karyawan di Bank tersebut?
3.        Berapakah banyak karyawan laki-laki?
4.        Berapakah banyak karyawan perempuan?

Soal Games
1.        Kiki mempunyai 20 kelereng. Beberapa kelerengnya akan dibagikan pada Tono dan Deri. Tono mendapat bagian. Deri mendapat bagian. Berapa banyak kelereng Tono? Banyak kelereng Tono bagian dari 20. Ibu memberi uang kepada Lia Rp5.000,00. Lia menggunakan dari uangnya untuk membeli buku. Berapakah harga buku yang dibeli Lia?
2.        Rico mempunyai bambu sepanjang 4,5 meter. Setengah dari panjang bambu itu akan digunakan Rico untuk membuat alat musik angklung. Dari sisa bambu tersebut diberikan kepada Erik 1 meter. Berapa meter sisa bambu Rico?
3.        Penghasilan Pak Deni sebesar Rp1.200.000,00/bulan. Pak Deni menyisihkan 2  % penghasilannya untuk pajak penghasilan. Sebesar dari penghasilannya digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Berapa jumlah uang pajak dan biaya pendidikan yang dikeluarkan Pak Deni?
4.        Berat seorang astronaut di bumi 85 kg. Beratnya di bulan 14 kg. Jika berat pakaian astronaut di bumi 15 kg, berapakah berat pakaian astronaut di bulan? (Bulatkan sampai dua desimal)
5.        Umur Feri : umur Aris = 7 : 8. Selisih umur mereka 1 tahun 6 bulan.
a.    Berapakah umur Feri?
b.    Berapakah umur Aris?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar