RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1 (Pertemuan 1)
SEKOLAH DASAR :
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : V/ II
ALOKASI WAKTU : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
TAHUN PELAJARAN : 2010/ 2011
A. Standar Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
C. Indikator
1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
2. Membedakan sifat-sifat bangun datar
D. Tujuan pembelajaran
a. Melalui media tangram siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan benar.
b. Melalui media tangram siswa dapat membedakan sifat-sifat bangun datar dengan benar.
E. Materi pembelajaran
Sifat-sifat bangun datar.
F. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan : Kooperatif
3. Tipe : Numbered Heads Together (NHT)
G. Sumber Belajar
1. Standar isi
2. LKS
3. Internet
4. Buku model pembelajaran inovatif
5. Buku pendidikan matematika 3
6. Media Tangram
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran | Kegiatan Guru-Siswa | Waktu | ||||||||||
Pra Kegiatan: | · Mempersiapkan media dan sumber belajar. · Pengkondisian kelas. · Presensi. | 5 menit | ||||||||||
Kegiatan Awal: | Penyajian Kelas: · Appersepsi : Mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang pernah dipelajari sebelumnya mengenai macam-macam bangun datar · Menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan diskusi kelompok Numbered Heads Together (NHT) dengan topik sifat-sifat bangun datar.” · Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. · Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok masing-masing.” | 10 menit | ||||||||||
Kegiatan inti: Eksplorasi | · Menjawab pertanyaan dari guru,” Anak-anak , bangun apa yang sedang ibu pegang?” (menunjukkan sebuah bangun dari potongan tangram) “ Bagaimana ciri-ciri bangun tersebut?” · Menunjuk salah satu siswa untuk menuliskan di papan tulis ciri-ciri bangun yang ditunjukkan guru. · Melakukan tanya jawab dengan siswa dan membimbing siswa yang belum paham | 15 menit | ||||||||||
Elaborasi | · Membentuk kelompok siswa setiap kelompok terdiri atas 3-4 anak . Pembentukkan kelompok berdasarkan heterogenitas IQ, ras, jenis kelamin. · Memberikan nama yang berbeda pada masing-masing kelompok dan memberikan nomor yang berbeda pula pada setiap anggota kelompok. · Membagikan LKS, buku panduan, dan media tangram kepada masing-masing kelompokSetiap anggota dalam kelompok bekerja sama dan berfikir bersama untuk membahas pertanyaan atau permasalahan yang diajukan guru melalui LKS. · Setiap kelompok menyatukan pendapat dari masing-masing anggota kelompoknya dalam setiap menjawab pertanyaan dalam LKS, dan masing-masing anggota harus mengetahui jawaban akhirnya. · Guru memanggil nomor yang sama pada masing-masing kelompok untuk maju ke depan kelas · Guru meminta salah satu anggota kelompok kepala bernomor yang maju untuk menyampaikan jawaban dari sebuah pertanyaan yang ada di LKS. · Anggota kelompok yang bernomor sama menjawab pertanyaan lain yang di ajukan guru. · Anggota kelompok kepala bernomor yang tidak maju, menanggapi hasil jawaban dari anggota kelompok bernomor yang maju ke depan kelas. | 40 menit | ||||||||||
Konfirmasi | · Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. · Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran. · Memberikan penghargaan pada kelompok Penghargaan Kelompok : · Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor hasil penilaian jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam LKS. · Guru memberi penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada nilai dari hasil diskusi kelompok. · Penghargaan diberikan dengan kriteria:
| 15 menit | ||||||||||
Kegiatan Akhir: Penutup | · Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. · Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. · Mengadakan evaluasi · Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. · Memberikan penugasan rumah · Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
I. Evaluasi
1. Prosedur tes : proses dan hasil
2. Jenis tes : uraian
3. Bentuk tes : tertulis
4. Alat tes : soal – soal
Semarang, 23 Maret 2011
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
( ………………………) (Novi Mayasari)
NIP. NIM.1402408037
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Kelompok :
Anggota : ……………………….
……………………….
………………………..
………………………..
Petunjuk!
Ø Diskusikanlah permasalahan di bawah ini dengan kelompok kalian!
Ø Satukanlah pendapat dari masing-masing anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
Ø Saling membantu antar anggota kelompok yang belum paham!
TANGRAM
1. Sebutkan nama-nama bangun penyusun tangram tersebut!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Identifikasilah sifat-sifat dari bangun penyusun tangram tersebut berdasarkan sisinya, sudutnya, diagonalnya!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………….....................................................................................................................
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Bangun trapesium dapat dibentuk dari bangun apa saja?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………
................................................................................................................................................ 4. Bangun persegi panjang dapat terbentuk dari bangun apa saja?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Identifikasilah sifat-sifat dari bangun trapesium dan persegi panjang!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Soal evaluasi!
1. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat dari bangun berikut ini:
a. Segitiga
b. Persegi panjang
c. Persegi
d. Trapesium
e. Jajar genjang
f. Layang-layang
g. Belah ketupat
2. Apa perbedaan persegi panjang dan jajar genjang?
3. Apa perbedaan bangun layang-layang dan belah ketupat?
4. Berapa jumlah besar sudut-sudut dalam segitiga?
Kunci Jawaban:
1. a. Sifat segitiga: memiliki 3 sisi, memiliki 3 titik sudut, jumlah ketiga sudutnya 180 o
b. Persegi panjang:
o persegi panjang merupakan bangun segi empat;
o banyak titik sudutnya ada 4;
o keempat sudutnya berupa sudut siku-siku;
o banyak sisi yang sejajar ada dua pasang; dan
o pasangan sisi yang sejajar sama panjang.
c. Persegi: memiliki empat sisi yang sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.
d. Trapesium :
· Mempunyai sepasang sisi yang sejajar.
· Jumlah besar sudut yang berdekatan di antara sisi sejajar 180°.
· Jumlah keempat sudutnya 360°.
b. Jajar genjang :
· Sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
· Sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
· Keempat sudutnya tidak siku-siku.
· Jumlah sudut-sudut yang berdekatan 180°.
· Kedua diagonalnya saling membagi dua ruas garis
· sama panjang.
c. Layang-layang :
· Layang-layang mempunyai satu sumbu simetri.
· Mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang.
· Mempunyai sepasang sudut berhadapan yang sama besar.
d. Belah ketupat
· Panjang keempat sisinya sama.
· Kedua diagonal berpotongan tegak lurus dan
· saling membagi dua sama panjang.
· Sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
· Sudut-sudut yang berhadapan besarnya sama.
· Kedua diagonalnya merupakan sumbu simetri
c. Perbedaan jajar genjang dan persegi panjang yaitu pada sudutnya. Pada persegi panjang keempat sudutnya siku-siku sedangkan pada jajar genjang tidak siku-siku.
d. Perbedaan belah ketupat dan layang-layang yaitu :
· Belah ketupat keempat sisinya sama panjang sedangkan pada layang-layang dua pasang sisi sama panjang
· Laying-layang memiliki 1 sumbu simetri sedangkan pada belah ketupat memiliki 2 sumbu simetri.
e. Jumlah besar sudut-sudut pada segitiga adalah 180o
Penilaian
Soal no 1 ada 7 sub nomor, setiap jawaban yang benar pada sub nomor diberi skor 1
Soal nomor 2,3,4 jawaban yang benar diberi skor 1
NILAI= jumlah total skor x10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 1 (Pertemuan 2)
SEKOLAH DASAR :
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : V/ II
ALOKASI WAKTU : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
TAHUN PELAJARAN : 2010/ 2011
A. Standar Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
C. Indikator
Menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar
D. Tujuan pembelajaran
Melalui contoh gambar dan identifikasi sifat-sifat bangun datar siswa dapat menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar dengan benar.
E. Materi pembelajaran
Menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar
F. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan : Kooperatif
3. Tipe : Numbered Heads Together (NHT)
G. Sumber Belajar
1. Standar isi
2. LKS
3. Internet
4. Buku model pembelajaran inovatif
5. Buku pendidikan matematika 3
6. Gambar bangun-bangun datar dan tangram
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran | Kegiatan Guru-Siswa | Waktu | ||||||||||
Pra Kegiatan: | · Mempersiapkan media dan sumber belajar. · Pengkondisian kelas. · Presensi. | 5 menit | ||||||||||
Kegiatan Awal: | Penyajian Kelas: · Appersepsi : Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang pernah dipelajari sebelumnya mengenai sifat-sifat bangun datar · Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan belajar menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar yang telah kalian pelajari.” “ Nanti kalian akan melakukan diskusi kelompok bersama seperti kelompok kemarin” · Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. · Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok masing-masing.” | 10 menit | ||||||||||
Kegiatan inti: Eksplorasi | · Menjawab pertanyaan dari guru,” Anak-anak , siapa yang suka bermain layang-layang?” “ Sekarang coba gambarkan sebuah layang-layang di papan tulis!” (Menunjuk salah satu siswa untuk menggambar layang-layang di papan tulis.) · Melakukan tanya jawab dengan siswa dan membimbing siswa yang belum paham | 15 menit | ||||||||||
Elaborasi | · Membentuk kelompok siswa setiap kelompok terdiri atas 3-4 anak . Pembentukkan kelompok berdasarkan heterogenitas IQ, ras, jenis kelamin. · Memberikan nama yang berbeda pada masing-masing kelompok dan memberikan nomor yang berbeda pula pada setiap anggota kelompok. · Membagikan LKS, buku panduan, dan media tangram kepada masing-masing kelompokSetiap anggota dalam kelompok bekerja sama dan berfikir bersama untuk membahas pertanyaan atau permasalahan yang diajukan guru melalui LKS. · Setiap kelompok menyatukan pendapat dari masing-masing anggota kelompoknya dalam setiap menjawab pertanyaan dalam LKS, dan masing-masing anggota harus mengetahui jawaban akhirnya. · Guru memanggil nomor yang sama pada masing-masing kelompok untuk maju ke depan kelas · Guru meminta salah satu anggota kelompok kepala bernomor yang maju untuk menyampaikan jawaban dari sebuah pertanyaan yang ada di LKS. · Anggota kelompok yang bernomor sama menjawab pertanyaan lain yang di ajukan guru. · Anggota kelompok kepala bernomor yang tidak maju, menanggapi hasil jawaban dari anggota kelompok bernomor yang maju ke depan kelas. | 40 menit | ||||||||||
Konfirmasi | · Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. · Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran. · Memberikan penghargaan pada kelompok. Penghargaan Kelompok : · Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor hasil penilaian jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam LKS. · Guru memberi penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada nilai dari hasil diskusi kelompok. · Penghargaan diberikan dengan kriteria:
| 15 menit | ||||||||||
Kegiatan Akhir: Penutup | · Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. · Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. · Mengadakan evaluasi · Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. · Memberikan penugasan rumah · Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
I. Evaluasi
1. Prosedur tes : proses dan hasil
2. Jenis tes : uraian
3. Bentuk tes : tertulis
4. Alat tes : soal – soal
Semarang, 23 Maret 2011
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
( ………………………) (Novi Mayasari)
NIP. NIM.1402408037
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Kelompok :
Anggota : ……………………….
……………………….
………………………..
………………………..
Petunjuk!
Ø Diskusikanlah permasalahan di bawah ini dengan kelompok kalian!
Ø Satukanlah pendapat dari masing-masing anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
Ø Saling membantu antar anggota kelompok yang belum paham!
1. Gambarlah bangun-bangun datar penyusun dari tangram tersebut dengan ukuran sesuai seperti pada tangram!
2. Gambarlah trapesium siku-siku dan trapesium sama kaki dari beberapa bangun penyusun tangram yang berbeda dengan ukuran sesuai seperti pada tangram!
3. Gambarlah 2 buah bangun persegi panjang dari beberapa bangun penyusuntangram yang berbeda dengan ukuran sesuai seperti pada tangram!
4. Gambarlah sebuah lingkaran dengan jari-jari 4 cm!
Soal Evaluasi
1. Gambarlah segitiga ABC dengan ketentuan-ketentuan berikut.
a. Segitiga siku-siku dengan . AB = 3 cm, BC = 4 cm, dan sikusiku di B.
b. Segitiga sama sisi dengan panjang sisi 5 cm.
2. Gambarlah persegi panjang ABCD dengan ketentuan berikut.
a. AB = 4 cm dan BC = 2 cm
b. AB = 6 cm dan BC = 3,5 cm
3. Gambarlah jajargenjang ABCD dengan ketentuan sebagai berikut.
a. Panjang sisi-sisinya 3 cm dan 5 cm, sudut yang dibentuk kedua sisi tersebut 30°.
b. Panjang sisi-sisinya 4 cm dan 6 cm. Sudut yang dibentuk kedua sisi tersebut 135°.
4. Gambarlah trapesium sama kaki KLMN. Panjang sisi-sisi sejajar 6 cm dan 4 cm. Panjang kaki-kakinya 3 cm.
5. Gambarlah sebuah lingkaran dengan jari-jari 3 cm!
Penilaian :
Skor untuk nomor 1-3 , setiap jawabn yang benar untuk setiap pointnya diberi skor 1
Skor untuk nomor 4-5 , jawaban yang benar diberi skor 1
Jumlah skor benar semua = 8
Nilai = (Jumlah Skor x100) : 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 2 (Pertemuan 1)
SEKOLAH DASAR :
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : V/ II
ALOKASI WAKTU : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
TAHUN PELAJARAN : 2010/ 2011
A. Standar Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
C. Indikator
1. Memasangkan bangun datar-bangun datar berdasarkan jenisnya
2. Menyebutkan ciri-ciri bangun datar yang sebangun
3. Menyelidiki sifat kesebangunan antar bangun datar
D. Tujuan pembelajaran
1. Melalui media tangram siswa dapat memasangkan bangun datar-bangun datar berdasarkan jenisnya dengan benar.
2. Melalui media tangram siswa dapat menyebutkan ciri-ciri bangun datar yang sebangun dengan benar.
3. Melalui media tangram siswa dapat menyelidiki sifat kesebangunan antar bangun datar dengan benar.
E. Materi pembelajaran
Kesebangunan
F. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan : Kooperatif
3. Tipe : Numbered Heads Together (NHT)
G. Sumber Belajar
1. Standar isi
2. LKS
3. Internet
4. Buku model pembelajaran inovatif
5. Buku pendidikan matematika 3
6. Media Tangram
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran | Kegiatan Guru-Siswa | Waktu | ||||||||||
Pra Kegiatan: | · Mempersiapkan media dan sumber belajar. · Pengkondisian kelas. · Presensi. | 5 menit | ||||||||||
Kegiatan Awal: | Penyajian Kelas: · Appersepsi : Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang pernah dipelajari sebelumnya mengenai macam-macam bangun datar berdasarkan sifatnya. · Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan kembali diskusi kelompok Numbered Heads Together (NHT) dengan topik kesebangunan” · Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. · Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok masing-masing.” | 10 menit | ||||||||||
Kegiatan inti: Eksplorasi | · Menunjukkan beberapa bangun datar kepada siswa, dan bertanya“ Anak-anak, Ibu mempunyai beberapa bangun datar, siapa yang dapat memasangkan bangun-bangun datar ini berdasarkan jenisnya?” · Menunjuk salah satu siswa untuk memasangkan bangun-bangun datar ini berdasarkan jenisnya. · Melakukan tanya jawab dengan siswa dan membimbing siswa yang belum paham | 15 menit | ||||||||||
Elaborasi | · Membentuk kelompok siswa setiap kelompok terdiri atas 3-4 anak . Pembentukkan kelompok berdasarkan heterogenitas IQ, ras, jenis kelamin. · Memberikan nama yang berbeda pada masing-masing kelompok dan memberikan nomor yang berbeda pula pada setiap anggota kelompok. · Membagikan LKS, buku panduan, dan media tangram kepada masing-masing kelompokSetiap anggota dalam kelompok bekerja sama dan berfikir bersama untuk membahas pertanyaan atau permasalahan yang diajukan guru melalui LKS. · Setiap kelompok menyatukan pendapat dari masing-masing anggota kelompoknya dalam setiap menjawab pertanyaan dalam LKS, dan masing-masing anggota harus mengetahui jawaban akhirnya. · Guru memanggil nomor yang sama pada masing-masing kelompok untuk maju ke depan kelas · Guru meminta salah satu anggota kelompok kepala bernomor yang maju untuk menyampaikan jawaban dari sebuah pertanyaan yang ada di LKS. · Anggota kelompok yang bernomor sama menjawab pertanyaan lain yang di ajukan guru. · Anggota kelompok kepala bernomor yang tidak maju, menanggapi hasil jawaban dari anggota kelompok bernomor yang maju ke depan kelas. | 40 menit | ||||||||||
Konfirmasi | · Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. · Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran. · Memberikan penghargaan pada kelompok. Penghargaan Kelompok : · Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor hasil penilaian jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam LKS. · Guru memberi penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada nilai dari hasil diskusi kelompok. · Penghargaan diberikan dengan kriteria:
| 15 menit | ||||||||||
Kegiatan Akhir: Penutup | · Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. · Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. · Mengadakan evaluasi · Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. · Memberikan penugasan rumah · Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
I. Evaluasi
1. Prosedur tes : proses dan hasil
2. Jenis tes : uraian
3. Bentuk tes : tertulis
4. Alat tes : soal – soal
Semarang, 23 Maret 2011
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
( ………………………) (Novi Mayasari)
NIP. NIM.1402408037
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Kelompok :
Anggota : ……………………….
……………………….
………………………..
………………………..
Petunjuk!
Ø Diskusikanlah permasalahan di bawah ini dengan kelompok kalian!
Ø Satukanlah pendapat dari masing-masing anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
Ø Saling membantu antar anggota kelompok yang belum paham!
(Gambar untuk pertanyaan nomor 1-3)
1. Pasangkan bangun-bangun di atas berdasarkan jenisnya.
2. Dari pasangan bangun tersebut, pasangan bangun manakah yang sisi-sisi bersesuaiannya
mempunyai perbandingan sama?
3. Pasangan bangun manakah yang sudut-sudut bersesuaiannya sama besar?
4.Perhatikan kedua bangun penyusun tangram berikut!
Apakah kedua bangun tersebut dikatakan sebangun? Berikan alasannya!
5. Perhatikan gambar di bawah ini!
Jelaskan mengapa kedua bangun tersebut dikatakan tidak sebangun? Padahal keduanya tersusun atas potongan-potongan tangram yang sama!
Soal Evaluasi
1. Perhatikan gambar di bawah ini!
2. Dua orang tukang masing-masing mengerjakan tugasnya di ruangan yang berbeda. Tukang I memasang keramik berbentuk persegi dengan ukuran 30 cm × 30 cm. Tukang II memasang eternit berbentuk persegi yang berukuran 1 m × 1 m. Apakah keramik dan eternit itu sebangun?Jelaskan!
3. Joni ingin menggambar segitiga siku-siku yang
sebangun dengan segitiga di samping ini. Jika sisi miring yang digambar
Joni 52 cm, berapa sentimeter panjang sisisisi yang lain?
4. Nita mempunyai selembar kertas putih berukuran panjang 30 cmdan lebar 21 cm.Kertas itu dilipat menurut sumbu simetri, seperti gambar di bawah, sehingga menjadi persegi panjang kecil. Apakah kertas mula-mula dengan kertas lipatan itu sebangun?
Penilaian:
Setiap nomor yang jawabannya benar diberi skor 1
Jumlah skor benar semua = 5
Nilai = (Jumlah skor benar x 100) : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS 2 (Pertemuan 2)
SEKOLAH DASAR :
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS/ SEMESTER : V/ II
ALOKASI WAKTU : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
TAHUN PELAJARAN : 2010/ 2011
A. Standar Kompetensi
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. Kompetensi Dasar
6.4 Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
C. Indikator
Menentukan simetri lipat suatu bangun datar
D. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan melipat gambar bangun datar siswa dapat menentukan simetri lipat suatu bangun datar dengan benar
E. Materi pembelajaran
Simetri lipat bangun datar
F. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan : Kooperatif
3. Tipe : Numbered Heads Together (NHT)
G. Sumber Belajar
1. Standar isi
2. LKS
3. Internet
4. Buku model pembelajaran inovatif
5. Buku pendidikan matematika 3
6. Media gambar bangun datar
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran | Kegiatan Guru-Siswa | Waktu | ||||||||||
Pra Kegiatan: | · Mempersiapkan media dan sumber belajar. · Pengkondisian kelas. · Presensi. | 5 menit | ||||||||||
Kegiatan Awal: | Penyajian Kelas: · Appersepsi Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali mengenai materi yang pernah dipelajari sebelumnya mengenai kesebangunan pada bangun datar · Guru menginformasikan topik dan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: “Anak-anak, seperti yang telah ibu sampaikan sebelumnya, hari ini kita akan mengadakan kembali diskusi kelompok Numbered Heads Together (NHT) dengan topik simetri lipat.” · Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. · Guru memberikan motivasi kepada siswa, misalnya: “Anak-anak, kalian harus dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok masing-masing.” | 10 menit | ||||||||||
Kegiatan inti: Eksplorasi | · Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru “Siapa yang suka dengan kupu-kupu?“ “ Perhatikan, kupu-kupu kertas ini!” (menunjukkan kupu-kupu dari kertas kepada siswa) “Bagaimanakah bentuk sepasang sayap kupu-kupu ini?” “Apakah kedua sayapnya memiliki bentuk,ukuran,dan warna yang sama?” “ Coba, siapa yang dapat melipatkan sepasang sayap kupu-kupu ini?” (menunjuk salah satu siswa untuk maju ke depan dan melakukan apa yang di minta guru) · Melakukan tanya jawab dengan siswa dan membimbing siswa yang belum paham | 15 menit | ||||||||||
Elaborasi | · Membentuk kelompok siswa setiap kelompok terdiri atas 3-4 anak . Pembentukkan kelompok berdasarkan heterogenitas IQ, ras, jenis kelamin. · Memberikan nama yang berbeda pada masing-masing kelompok dan memberikan nomor yang berbeda pula pada setiap anggota kelompok. · Membagikan LKS, buku panduan, dan media tangram kepada masing-masing kelompokSetiap anggota dalam kelompok bekerja sama dan berfikir bersama untuk membahas pertanyaan atau permasalahan yang diajukan guru melalui LKS. · Setiap kelompok menyatukan pendapat dari masing-masing anggota kelompoknya dalam setiap menjawab pertanyaan dalam LKS, dan masing-masing anggota harus mengetahui jawaban akhirnya. · Guru memanggil nomor yang sama pada masing-masing kelompok untuk maju ke depan kelas · Guru meminta salah satu anggota kelompok kepala bernomor yang maju untuk menyampaikan jawaban dari sebuah pertanyaan yang ada di LKS. · Anggota kelompok yang bernomor sama menjawab pertanyaan lain yang di ajukan guru. · Anggota kelompok kepala bernomor yang tidak maju, menanggapi hasil jawaban dari anggota kelompok bernomor yang maju ke depan kelas. | 40 menit | ||||||||||
Konfirmasi | · Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. · Memberikan pujian terhadap jalannya kegiatan pembelajaran. · Memberikan penghargaan pada kelompok Penghargaan Kelompok : · Guru melakukan perhitungan nilai kelompok berdasarkan skor hasil penilaian jawaban dari pertanyaan yang diajukan dalam LKS. · Guru memberi penghargaan terhadap kelompok berdasarkan pada nilai dari hasil diskusi kelompok. · Penghargaan diberikan dengan kriteria:
| 15 menit | ||||||||||
Kegiatan Akhir: Penutup | · Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. · Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. · Mengadakan evaluasi · Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. · Memberikan penugasan rumah · Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 20 menit |
I. Evaluasi
1. Prosedur tes : proses dan hasil
2. Jenis tes : uraian
3. Bentuk tes : tertulis
4. Alat tes : soal – soal
Semarang, 23 Maret 2011
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
( ………………………) (Novi Mayasari)
NIP. NIM.1402408037
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Kelompok :
Anggota : ……………………….
……………………….
………………………..
………………………..
Petunjuk!
Ø Diskusikanlah permasalahan di bawah ini dengan kelompok kalian!
Ø Satukanlah pendapat dari masing-masing anggota kelompok untuk menjawab pertanyaan di bawah ini!
Ø Saling membantu antar anggota kelompok yang belum paham!
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Adakah bangun-bangun yang dapat saling berimpit dengan tepat setelah dilipat?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Adakah bangun-bangun yang mempunyai lebih dari satu cara melipat sehingga sisi-sisinya saling berimpit? Sebutkan!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Sebutkan bangun-bangun yang hanya dapat dilipat dengan tepat satu cara.
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
4. Sebutkan bangun-bangun yang dapat dilipat tepat dengan 2 cara.
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Soal Evaluasi
Berapakah banyak simetri lipat bangun-bangun di bawah ini?
1. Segitiga samasisi 6. Trapesium samakaki
2. Segitiga samakaki 7. Belah ketupat
3. Persegi 8. Jajargenjang
4. Persegi panjang 9. Layang-layang
5. Lingkaran 10. Segienam beraturan
Penilaian:
Setiap nomor yang jawabannya benar diberi skor 1
Jumlah skor benar semua : 5
Nilai = (Jumlah skor benar x 100) :5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar