Laman

Sabtu, 16 Juli 2011

Proposal PTK Matematika SD 4

KISI-KISI INSTRUMEN PENELITIAN

JUDUL :
Peningkatan Motivasi Belajar Matematika  Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Wanogara Wetan  Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)
No
Variabel
Indikator
Sumber Data
Alat/
Instrumen
1
Aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT
·         Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar
·         Mengajukan pertanyaan
·         Menjawab pertanyaan
·         Aktif dalam diskusi/ kerja kelompok
·         Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran
·         Aktif mengikuti turnamen dan games
·         Bekerjasama dalam tim
·         Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi
·         Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
·         Melakukan refleksi
·        Siswa
·        Foto
·        Video

·      Lembar Observasi
·      Catatan Lapangan
2
Keterampilan guru dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT
·         Mengemukakan tujuan pembelajaran
·         Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa
·         Menentukan pembentukkan kelompok
·         Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung
·         Memberikan penyajian kelas
·         Membimbing siswa dalam diskusi/ kerja kelompok
·         Memberikan games dalam pembelajaran.
·         Membimbing siswa dalam melaksanakan turnamen
·         Memberikan penghargaan kelompok
·         Mengelola waktu secara efisien
·        Guru
·        Video
·        Foto

·       Lembar Observasi
·       Catatan lapangan
3
Antusiasme belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan pendekatan kooperatif tipe TGT
·         Pembelajaran matematika dengan TGT menyenangkan bagi siswa.
·         Siswa mudah memahami materi pembelajaran.
·         Siswa tertarik terhadap pelajaran matematika.
·         Siswa bersemangat mengikuti pembelajaran.
·         Hubungan antarsiswa menjadi akrab.
·         Siswa menyukai cara mengajar guru.
·         Siswa tertarik dengan media dan alat peraga yang digunakan.
·         Siswa mudah memahami penjelasan dan intruksi guru.
·         Kegiatan pembelajaran mudah diikuti oleh siswa (tidak menyulitkan).
·         Siswa setuju untuk menerapkan pendekatan kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika.
·        Siswa
·   Angket
4
Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan  kooperatif tipe TGT
·         Menyebutkan pecahan-pecahan yang senilai
·         Menulis letak pecahan pada garis bilangan
·         Membandingkan dua pecahan
·         Mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut sama
·         Mengubah pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa
·         Menentukan bentuk desimal dari suatu pecahan
·         Menentukan nilai pecahan
·         Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan
·         Mengaplikasikan konsep perbandingan dan skala dalam pemecahan masalah

·        Siswa
·   Tes Tertulis




LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA
Pertemuan.....................Siklus.....................

Nama Siswa                         : ........................................................................................
Nama SD                              : SD NEGERI 1 WANOGARA WETAN
Kelas                                      : VI
Topik                                     : Operasi Hitung Pecahan  
Hari/Tanggal                        : ........................................................................................
Petunjuk                                : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat kemampuan
yang sesuai dengan indikator pengamatan!

No
Indikator
Tingkat Kemampuan
Jumlah
1
2
3
4
1
Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar





2
Menjawab pertanyaan





3
Aktif dalam diskusi kelompok/ kerja kelompok





4
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran





5
Aktif mengikuti turnamen





6
Bekerjasama dalam tim





7
Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi





8
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok





9
Mengajukan pertanyaan





10
Melakukan refleksi






Jumlah skor :






Jumlah skor=.........................., kategori: ...................................

Kriteria ketuntasan
Kategori
32,5 ≤ skor ≤ 40
Sangat baik
25 ≤ skor < 32,5
Baik
17 ≤ skor < 25
Cukup
10 ≤ skor < 17
Kurang


Purbalingga, .....................................
Observer



.............................................

INDIKATOR PENGAMATAN  KEAKTIFAN SISWA
Dalam kegiatan pembelajaran Matematika melalui pendekatan kooperatif
tipe Times Games Tournaments (TGT)

Kategori Pengamatan
Kurang(1)
Cukup(2)
Baik(3)
Baik Sekali (4)
Ket
1.       Kesiapan dalam kegiatan belajar mengajar
Tidak membawa peralatan belajar
Membawa peralatan tidak lengkap
Peralatan lengkap
Peralatan lengkap dan memperhatikan guru

2.       Menjawab pertanyaan
Tidak menjawab
Menjawab  satu kali
Menjawab dua kali
Menjawab lebih dari dua kali

3.       Aktif dalam diskusi kelompok/ kerja kelompok
Diam saja
Memberi pendapat
Memberi pendapat dan berdiskusi dengan teman
Memberi pendapat, berdiskusi dengan teman, dan mengkritisi hasil diskusi kelompok lain.

4.       Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran
Berbuat gaduh/ ribut di kelas sampai diperingatkan lebih dari 2 kali
Berbuat gaduh, tapi langsung satu setelah satu/ dua kali diperingatkan
Tidak membuat kegaduhan
Tidak membuat kegaduhan dan memberi berpendapat dalam kerja kelompok

5.       Aktif mengikuti turnamen
Melakukan turnamen sambil bermain-main sendiri.
Melakukan turnamen tapi asal-asalan menjawab.
Melakukan turnamen dengan memberikan 1x jawaban yang benar.
Melakukan turnamen dengan memberikan jawaban yang benar lebih dari 1x.

6.       Bekerjasama dalam tim
Tidak bekerja/ tidak terlibat dalam diskusi tim  
Bekerja sendiri
Ikut berpendapat dalam diskusi tim
Ikut berpendapat dalam diskusi dan membantu teman satu tim untuk memahami bahan diskusi

7.       Memberikan bantuan kepada rekan satu tim dalam diskusi
Tidak melakukan
Memberi bantuan kepada seorang teman
Memberi bantuan pada lebih dari 1 teman
Memberi bantuan kepada lebih dari 1 teman dan memastikan temannya memahami penjelasannya

8.       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
Tidak melakukan
Menyimpulkan, tetapi tidak lengkap (tidak sesuai dengan tata cara yang diberikan guru)
Menyimpulkan dengan lengkap (sesuai dengan tata cara yang disampaikan guru)
Menyimpulkan dengan lengkap dan mengkrtitisi kesimpulan kelompok lain.

9.       Mengajukan pertanyaan
Tidak mengajukan
Mengajukan pertanyaan 1x
Mengajukan pertanyaan 2x
Mengajukan pertanyaan lebih dari 2x

10.    Melakukan refleksi
Tidak melakukan
Melakukan tapi tidak sesuai dengn topik pembahasan  
Merefleksi kekurangan dalam diskusi
Merefleksi apa yang diperoleh dalam pembelajaran





LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN GURU
 Pertemuan...........   Siklus...............


Nama Guru                           : Mukhayat
Nama SD                              : SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Kelas                                      : IV
Topik                                     : Operasi Hitung Pecahan 
Hari/Tanggal                        : ......................................................................
Petunjuk                                : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat kemampuan
yang sesuai dengan indikator pengamatan!
No
Indikator
Tingkat Kemampuan
Jumlah
1
2
3
4
1
Mengemukakan topik dan tujuan pembelajaran





2
Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa





3
Menentukan pembentukkan kelompok





4
Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung





5
Memberikan penyajian kelas





6
Membimbing siswa dalam diskusi/ kerja kelompok





7
Memberikan games dalam  kegiatan pembelajaran





8
Membimbing siswa melaksanakan turnamen





9
Memberiakn penghargaan kelompok





10
Mengelola waktu secara efisien






Jumlah skor=.........................., kategori: ....................................

Kriteria ketuntasan
Kategori
32,5 ≤ skor ≤ 40
Sangat baik
25 ≤ skor < 32,5
Baik
17 ≤ skor < 25
Cukup
10 ≤ skor < 17
Kurang


Purbalingga, .....................................
Observer



.............................................



INDIKATOR PENGAMATAN  KETERAMPILAN  GURU
Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe TGT
di SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Kategori Pengamatan
Kurang(1)
Cukup(2)
Baik(3)
Baik Sekali (4)
Ket
1.      Mengemukakan tujuan pembelajaran
Tidak melakukan
Mengemukakan salah satu tujuan pembelajaran saja
Mengemukakan seluruh tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Mengemukakan seluruh tujuan pembelajaran dan menyampaikan pentingnya mempelajari topik

2.      Mengemukakan langkah-langkah kegiatan yang harus dilakukan siswa
Tidak melakukan
Mengemukakan salah satu kegiatan yang akan dilakukan
Mengemukakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran
Mengemukakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran dengan runtut

3.      Menentukan pembentukan kelompok  
Membiarkan siswa membentuk kelompoknya sendiri
Menentukan pembentukkan kelompok
Menentukan pembentukkan kelompok dengan memperhatikan tingkat  heterogenitas
Menentukan pembentukkan kelompok dengan memperhatikan tingkat heterogenitas dan hubungan sosial siswa

4.      Menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang mendukung
Tidak menyediakan
Menyediakan tapi tidak ada kaitannya dengan topik 
Menyediakan tapi tidak lengkap (masih ada media yang belum disediakan)
Menyediakan seluruh alat peraga dan media yang mendukung pembelajaran.

5.      Memberikan penyajian kelas
Tidak memberikan penyajian kelas
Memberikan penyajian kelas secara singkat  
Memberikan penyajian kelas yang melibatkan keaktifan  siswa
Memberikan penyajian kelas yang melibatkan keaktifan siswa dan memberikan pemodelan.

6.      Membimbing siswa dalam melaksanakan diskusi/ kerja kelompok
Membiarkan siswa melakukan diskusi kelompok sendiri
Memantau jalannya diskusi kelompok
Memantau jalannya diskusi kelompok dan mengecek proses diskusi di setiap kelompok
Memantau jalannya diskusi kelompok, mengecek setiap kelompok, dan memberikan komentar terhadap setiap kelompok.

7.      Memberikan games dalam pembelajaran
Tidak memberikan games
Memberikan games namun tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran
Memberikan games yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
Memberikan games yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan memberikan poin terhadap siswa yang dapat menjawab dengan benar.

8.      Membimbing siswa dalam melaksanakan turnamen
Membiarkan siswa melaksanakan turnamen sesuai kehendaknya
Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan
Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan, serta memantau jalannya games.
Menyampaikan tata tertib dan tata cara permainan, mengatur dan memantau jalannya games.

9.      Memberikan penghargaan kelompok
Tidak memberikan penghargaan kelompok
Memberikan penghargaan kelompok berupa ucapan
Memberikan penghargaan kelompok berupa piagam atau sertifikat
Memberikan piagam penghargaan terhadap kelompok terbaik dan pujian terhadap kelompok lainnya

10.  Mengelola waktu secara efisien
Pembelajaran tidak selesai/ melampaui waktu yang ditetapkan. 
Lebih dari 2sesi pembelajaran meleset jauh (>7menit) dari waktu yang ditetapkan dalam RPP
Ada 2sesi pembelajaran meleset jauh (>7menit) dari waktu yang ditetapkan dalam RPP
Setiap sesi pembelajaran berlangsung sesuai dengan RPP.




ANGKET
Antusiasme Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Wanogara Wetan
Terhadap Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif tipe TGT

Nama   :
Kelas   :

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang sesuai dengan pilihanmu!
1.      Apakah pembelajaran matematika dengan turnamen dan permainan berkelompok menjadi menyenangkan?

a.        Sangat tidak menyenangkan
b.       Tidak menyenangkan
c.        Sedikit menyenangkan  
d.       Menyenangkan
e.        Sangat menyenangkan   


2.      Apakah materi pelajaran matematika menjadi mudah kamu pahami dengan adanya turnamen dan permainan kelompok?

a.        Sangat sukar 
b.       Sukar 
c.        Sedikit sukar
d.       Mudah
e.        Sangat mudah


3.      Apakah kamu menjadi tertarik dengan pembelajaran matematika dengan adanya turnamen dan permainan berkelompok?

a.        Sangat tidak tertarik   
b.       Tidak tertarik    
c.        Sedikit tertarik   
d.       Tertarik
e.        Sangat tertarik   

4.      Apakah kamu menjadi bersemangat mengikuti pelajaran matematika dengan adanya turnamen dan permainan kelompok?

a.        Sangat tidak bersemangat   
b.       Tidak bersemangat
c.        Sedikit bersemangat
d.       Bersemangat  
e.        Sangat bersemangat  

5.      Apakah permainan kelompok dan turnamen membuat kamu menjadi akrab dengan teman-temanmu?

a.        Sangat tidak akrab      
b.       Tidak akrab 
c.        Sedikit akrab
d.       Akrab   
e.        Sangat akrab     

6.      Apakah kamu senang dengan cara mengajar guru dalam permainan kelompok dan turnamen?

a.        Sangat tidak senang
b.       Tidak senang    
c.        Cukup senang
d.       Senang 
e.        Sangat senang   

7.      Apakah media pembelajaran dan alat peraga yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran matematika membuatmu tertarik mengikuti pembelajaran?

a.        Sangat tidak tertarik 
b.       Tidak tertarik     
c.        Cukup tertarik
d.       Tertarik 
e.        Sangat tertarik  

8.      Bagaimanakah penjelasan dan instruksi yang diberikan guru dalam permainan kelompok dan turnamen di pembelajaran matematika?

a.        Sangat membingungkan     
b.       Membingungkan     
c.        Sedikit membingungkan  
d.       Mudah dimengerti    
e.        Sangat mudah dimengerti    

9.      Apakah permainan berkelompok dan turnamen mudah untuk kamu ikuti dan laksanakan?

a.        Sangat sulit   
b.       Sulit   
c.        Sedikit sulit
d.       Mudah
e.        Sangat    

10.  Apakah kamu setuju jika permainan berkelompok dan turnamen dilakukan kembali dalam pembelajaran matematika?

a.        Sangat tidak setuju   
b.       Tidak setuju    
c.        Cukup setuju
d.       Setuju
e.        Sangat setuju  



INSTRUMEN ANALISIS PENILAIAN ANGKET


Kode Jawaban
Skor Jawaban
a
1
b
2
c
3
d
4
e
5

·         Skor tertinggi (M) = 50
·         Skor terendah (K) = 10
·         Median = ½ (50 + 10 ) = 30


Kriteria
Kategori
Label
Keterangan
40 ≤ skor ≤ 50
Sangat Berminat
A
Sangat Baik
30 ≤ skor < 40
Berminat
B
Baik
19,5 ≤ skor < 30
Kurang Berminat
C
Cukup
10 ≤ skor < 19,5
Tidak Berminat
D
Kurang

Keterangan:
Untuk mengetahui minat siswa kelas VI terhadap pembelajaran matematika, dilakukan perhitungan sebagai berikut.
% A =
% B =
% C =
% D =
Prosentase tertinggi dari keempat kategori tersebut digunakan untuk menilai minat siswa kelas VI terhadap pembelajaran matematika.

CATATAN LAPANGAN
PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

SIKLUS          :
TANGGAL    :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar