Laman

Sabtu, 16 Juli 2011

Proposal PTK IPA CTL 1

  1. METODE PENELITIAN
    1. Subyek Penelitian
 Subjek penelitian ini adalah kelas IV sebanyak 40 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Wonosari 01 Semarang.
    1. Variabel / Faktor yang diselidiki
      Variabel dalam penelitian ini adalah sebagi berikut :
1)   Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL.
2)   Keterampilan guru dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan CTL.
3)   Keterampilan siswa dalam memahami struktur bunga dan fungsinya dalam pembelajaran IPA
    1. Prosedur / langkah-langkah PTK
Penelitian Ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan guru dikelasnya (sekolah) tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran ( Aqib,2006:127). Peneliti melakukan penelitian jenis partisipasi. Karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian sejak awal hingga pelaporan.
Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut :
a.      Perencanaan
                                       Dalam tahap perencanaan ini meliputi sebagi berikut :
·   Menelaah materi pembelajaran ipa serta menelaah indikator bersama tim kolaborasi
·   Menyusun RPP sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dan skenario pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran CTL dan alat peraga berupa bunga
·   Menyiapkan alat peraga dan media pembelajaran.
·   Menyiapakn alat evaluasi berupa tes tertulis.
·   Menyiapkan lembar observasi untuk mengamati siswa, guru dan angket.
b.      Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan merupakan implementasi atau penerapan rancangan yang telah ditetapkan yaitu mengenai tindakan kelas (Arikunto,2001:18). Dalam pelaksanaan PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama yaitu Kompetensi Dasar kemampuan mengidentifikasi struktur bunga. Sedangkan siklus kedua yaitu Kompetensi dasar menggambarkan  tentang fungsi bunga.
c.       Observasi
 Observasi adalah kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat (Arikunto,2001:19) kegiatan observasi dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru, pengamat untuk mengamati aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA.
d.      Refleksi
Refleksi merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah terjadi dan sudah dilakukan (Arikunto,2001,19).Setelah mengkaji proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa dan guru, serta kemampuan mengidentifikasi struktur bunga, apakah sudah berhasil denganmelihat ketercapaian dalam indikator kinerja pada siklus pertama.Serta mengkaji kekurangan dan membuat daftar permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan siklus pertama, kemudian tim kolaborasi membuat perencanaan tindak lanjut untuk siklus berikutnya
    1. Siklus Penelitian
4.1 Siklus I
a. Perencanaan
   1) Menyusu RPP dengan materi struktur Bunga dan Fungsinya
   2) Mempersiapkan sumber dan media pembelajaran berupa macam-macam bunga.
   3) Menyiapkan alat evaluasi berupa tes tertulis.
   4) Menyiapkan lembar observasi untuk mengamati Kegiatan Belajar Mengajar
b. Pelaksanaan Tindakan
1)   Guru melaksanakan apersepsi.
2)   Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan.
3)   Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, yang mana masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak yang anggotanya heterogen.
4)   Setiap kelompok mempunyai tugas yang berbeda-beda yaitu mengamati bermacam-macam bunga.
5)   Setiap kelompok diwakili satu orang siswa untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya.
6)   Siswa yang lain mencatat hasil kerja kelompok.
c. Observasi
                                                Guru melakukan pengamatan aktivitas siswa selama  mengikuti pembelajaran dikelas. Guru juga meneliti kemampuan siswanya dalam mengamati dan meneliti bungaserta menilai kemampuan siswa menyelesaikan soal evaluasi
d. Refleksi
1)      Mengkaji pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1.
2)      Mengevaluasi  prose dan hasil pembelajaran.
3)      Membuat daftar permasalahan yang dihadapi pada siklus 1.
4)      Memperbaiki kelemahan yang terjadi pada siklus-siklus yang berikutnya. 
4.2 Siklus II
a.      Perencanaan
                                                                     1)     Menyusun  RPP dengan materi.
                                                                     2)     Mempersiapkan sumber dana alat peraga berupa Bunga.
                                                                     3)     Menyiapakan alat evaluasi berupa tes tertulis.
                                                                     4)     Menyiapkan lembar observasi untuk mengamati kegiatan
belajar mengajar. 

b.      Pelaksanaan Tindakan
1)   Guru melaksanakan apersepsi.
2)   Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan.
3)   Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, yang mana masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak yang anggotanya heterogen.
4)   Setiap kelompok mempunyai tugas yang berbeda-beda yaitu mengamati bermacam-macam bunga.
5)   Guru mengawasi kegiatan diskusi kelompok.  
6)   Setiap kelompok diwakili satu orang siswa untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya.
7)   Siswa yang lain mencatat hasil kerja kelompok.
8)   Siswa dibimbing guru untuk membahas hasil diskusi.
9)   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada materi yang belum jelas.
c.       Observasi
Pengamatan yang dilakukan pada siswa saat mengamati struktur bunga dengan menggunakan media bunga adalah dengan menyediakan lembar pengamatan tentang kegiatan siswa. Pengamatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran menggunakan media bunga adalah dengan lembar pengamatan tentang kegiatan guru.
d.      Refleksi
Refleksi dilakukan meliputi seluruh kegiatan Penelitian dari siklus I sampai siklus II. Pada tahap ini peneliti secara kolaboratif mendiskusikan hasil pengamaatan dilakukan untuk menyimpulkan data.
    1. Data dan Cara Pengumpulan Data
5.1 Sumber data
a. Data diambil dari siswa kelas IV SD Wonosari 01.
           b. Guru sebagai peneliti.

5.2 Jenis Data
a. Data kualitatif adalah hasil belajar siswa
b. Data kuantitatif adalah berupa lembar kerja siswa dan lembar observasi siswa.
5.3 Tekhnik Pengumpulan Data
Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu    metode tes, metode observasi, dan wawncara.


    1. Tekhnik Analisis Data
a.      Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data diolah dengan menggunakan deskriptif prosentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk ditemukan keberhasilan individu dan keberhasilan klasikal sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Analisa data yang didapat menggunakan analisis statistik deskriptif sederhana, yaitu pencarian nilai rata-rata melalui penghitungan mean.
Adapun rumus presentasi tersebut adalah sebagai berikut :
p = ∑n x 100%
       N
Keterangan :
∑n = Jumlah frekuensi yang muncul
N   = Jumlah total siswa
p    = Presentase frekuensi
Hasil penghitungan dikonsultasikan dengan kriteria ketuntasan belajar siswa yang dikelompokkan ke dalam 2 kategori tuntas dan tidak tuntas dengan kriteria sebagai berikut :
Kriteria ketuntasan
Kualifikasi
≥ 65
Tuntas
                  <  65
Tidak tuntas

b.      Data Kualitatif
Data kualitatif adalah menganalisis data dengan cara menyeleksi data, mengelompokkan dan mengorganisir, mendeskripsikan dan menyimpulkan.
    1. Indikator Keberhasilan
 Keberhasilan diukur dari adanya peningkatan hasil belajar siswa. Keberhasilan individu ditentukan dengan nilai minimal, sedangkan keberhasilan klasikal adalah siswa yang memperoleh nilai minimal lebih dari 75%.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar