RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR :
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS/ SEMESTER : IV/ II
ALOKASI WAKTU : 2 x 35 menit
TAHUN PELAJARAN : 2010/ 2011
I. Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.
II. Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
III. Indikator
2.3.1 Menyebutkan pengertian teknologi komunikasi
2.3.2 Mengidentifikasi jenis-jenis teknologi komunikasi
IV. Tujuan pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian teknologi komunikasi dengan benar melalui contoh alat-alat komunikasi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2. Siswa dapat menyebutkan manfaat komunikasi dengan benar melalui penggunaan alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis teknologi komunikasi pada masa lampau dan pada masa sekarang dengan benar melalui gambar-gambar yang diberikan guru.
4. Siswa dapat membedakan alat komunikasi berdasarkan media penyampaiannya dengan benar melalui contoh-contoh alat komunikasi yang biasa ditemui setiap hari.
5. Siswa dapat menyebutkan keuntungan dan kerugian menonton TV dengan benar melalui kegiatan analisis terhadap program-program yang ditayangkan di TV.
V. Materi pembelajaran
Perkembangan teknologi komunikasi
VI. Strategi Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan : Kontekstual
3. Model Pembelajaran : Inkuiri
VII.Sumber Belajar
1. Buku IPS Kelas IV Karangan I.S Sadirman
2. Gambar-gambar alat komunikasi
VIII. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan/ Sintaks Pembelajaran | Kegiatan Guru-Siswa | Waktu |
Pra Kegiatan: | · Mempersiapkan media dan sumber belajar. · Pengkondisian kelas. · Presensi. | 5 menit |
Kegiatan Awal: Appersepsi | Kegiatan Orientasi: · Guru mengajak siswa menyanyikan lagu ‘Kring-Kring Ada Telepon’ · Guru menginformasikan topik dan tujuan pembelajaran, misalnya: “Anak-anak, hari ini kita akan belajar mengenai komunikasi. Kita akan mencari tahu, bagaimanakah perkembangan teknologi komunikasi di sekitar kita sejak dahulu hingga saat ini.’ · Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya: ‘Anak-anak, nanti kalian akan bekerja secara berkelompok dengan model pembelajaran NHT untuk membahas mengenai teknologi komunikasi di sekitar kita. Mengapa kita perlu mempelajari tentang teknologi komunikasi? Karena komunikasi adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kita. Setiap hari, bahkan seperti sekarang ini, kita melakukan proses komunikasi.’ | 5 menit |
Kegiatan inti: Eksplorasi | · Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang, setiap siswa dalam kelompok berhitung dan mengingat-ingat nomor urutnya. · Guru menjelaskan bahwa telepon merupakan salah satu bentuk teknologi komunikasi. · Guru menanyakan secara lisan mengenai contoh-contoh teknologi komunikasi kepada siswa secara beruntut, kemudian guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis. · Secara lisan, guru menanyakan kepada siswa secara acak pada masing-masing kelompok tentang pengalamannya menggunakan alat komunikasi seperti telepon atau lainnya. · Guru menanyakan secara lisan kepada siswa, tentang manfaat komunikasi yang pernah dirasakan oleh siswa. Siswa menjawab secara lisan dalam kelompoknya, guru menuliskan jawaban setiap siswa. Perumusan Masalah: · Berdasarkan jawaban-jawaban yang diperoleh dari siswa, guru mengajukan serangkaian permasalahan berkaitan dengan teknologi komunikasi untuk dianalisis oleh siswa bersama kelompoknya, misalnya: 1. Setiap waktu kita tidak bisa lepas dari kegiatan berkomunikasi. Mengapa kita memerlukan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari? 2. Televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat dekat dengan kita. Perlukah kita menonton TV? Mengapa? 3. Teknologi komunikasi selalu mengalami perkembangan. Apakah persamaan antara alat komunikasi pada masa lampau dan masa sekarang? 4. Berdasarkan media penyampaiannya, media komunikasi dibedakan menjadi media cetak dan media elektronik. Di antara keduanya, manakah yang lebih populer? Mengapa? | 15 menit |
Elaborasi | Merumuskan Hipotesis: · Siswa terfokus dalam kelompoknya masing-masing. · Guru membagikan 4 lembar LKS kepada masing-masing kelompok, setiap anak mendapatkan satu LKS sesuai nomor urutnya. · Setiap siswa merumuskan hipotesis awal atas pertanyaan yang diperolehnya dalam LKS, kemudian membahasnya bersama kelompok. Pengumpulan Data: · Setiap siswa mengumpulkan informasi-informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diperoleh, sesuai dengan panduan yang ada dalam LKS. · Setiap siswa menyampaikan hasil temuannya dalam kelompok untuk membahasnya bersama-sama. · Setiap anggota saling memberi koreksi dan masukan terhadap hasil pekerjaan rekannya. Pengujian Hipotesis: · Setiap siswa menentukan jawaban yang dianggap paling dapat diterima dari permasalahan yang sedang dibahas berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh. · Setiap siswa mendiskusikan jawaban yang diperoleh bersama kelompoknya. Perumusan Kesimpulan: · Setiap siswa membuat kesimpulan atas jawaban-jawaban yang telah diperoleh berkaitan dengan permasalahan yang sedang dikaji sesuai dengan panduan dalam LKS. · Setiap siswa menyampaikan kesimpulan yang dibuatnya dalam kelompok untuk didiskusikan. · Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya kepada kelompok yang lain, dengan cara menyampaikannya sesuai nomor urut siswa. · Ketika salah satu siswa dari satu kelompok telah menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain memberikan tanggapan, serta dilanjutkan penyampaian hasil diskusi dari kelompok lain sesuai dengan nomor urut siswa. · Pembacaan hasil diskusi dilanjutkan secara melingkar antar kelompok sesuai nomor urut siswa. | 25 menit |
Konfirmasi | · Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan. · Memberikan pujian terhadap jalannya diskusi. · Memberikan bintang prestasi kepada kelompok yang aktif dalaam kegiatan diskusi dan presentasi. | 10 menit |
Kegiatan Akhir: Penutup | · Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan. · Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan diskusi yang telah dilakukan. · Memberikan penguatan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. · Memberikan penugasan rumah v Mencatat manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya teknologi internet. v Membandingkan pengaruh positif dan pengaruh negatif dengan adanya teknologi internet. · Menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan berikutnya | 10 menit |
IX. Evaluasi
a. Prosedur tes : proses dan hasil
b. Jenis tes : uraian
c. Bentuk tes : tertulis
d. Alat tes : soal – soal
Semarang, 22 Maret 2011
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
( ) (Maoidatul Dwi Kurniati)
NIP. NIM. 1402408303
Lampiran 1
· Evaluasi proses
No. | Nama siswa | Aspek yang dinilai | Ket | ||||||||
Keantusiasan | Keaktifan | Kerjasama | |||||||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | |||
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
Petunjuk:memberikan tanda ceklis ( V) pada kolom yang sesuai
Nilai 1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
Keterangan :
Jumlah nilai ketiga aspek 9 : Baik sekali ( A )
7 – 8 : Baik ( B )
5 – 6 : Cukup ( C )
< 5 : Kurang ( K )
· Evaluasi Hasil
1) Apakah yang disebut dengan teknologi komunikasi? Berilah 5 contoh alat-alat komunikasi yang pernah kamu lihat! (skor 10)
2) Sebutkan 4 manfaat adanya teknologi komunikasi yang kamu rasakan! (skor 10)
3) Sebutkan 3 jenis alat komunikasi pada masa lampau beserta kegunaannya! (skor 10)
4) Sebutkan masing-masing 5 contoh alat-alat komunikasi yang termasuk media cetak dan elektronik! (skor 10)
5) Sebutkan masing-masing 3 keuntungan dan kerugian yang kamu ketahui karena menonton TV! (skor 10)
Kunci Jawaban:
1) Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan manusia dalam kegiatan komunikasi atau saling bertukar pesan. Contohnya: surat, telepon, televisi, internet, dan radio.
2) Manfaat teknologi komunikasi:
a. Memudahkan berkirim pesan.
b. Memudahkan mendapatkan informasi.
c. Memperoleh hiburan dengan mendengarkan radio atau menonton TV.
d. Menambah wawasan dan pengetahuan.
e. Mempererat hubungan pertemanan
3) Alat komunikasi pada masa lampau:
a. Kentongan, untuk memberikan isyarat tertentu.
b. Kurir, untuk menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain.
c. Tali pohon, untuk memberi isyarat tanda bahaya.
4) Alat-alat komunikasi:
a. Media cetak: majalah, surat kabar, poster, brosur, dan pamflet.
b. Media elektronik: televisi, radio, handphone, internet, dan telegram.
5) Televisi
a. Keuntungan:
· Memperoleh hiburan
· Memperoleh informasi
· Menambah wawasan dan pengetahuan
b. Kerugian:
· Menjadikan malas belajar
· Suka meniru hal-hal buruk dari tayangan TV
· Menjadikan lalai
Rumus Penilaian:
Jumlah skor x 2
Kring kring kring ada telepon
Kuangkat dari teman
Temanku sedang jahil
Ternyata hanya misscall
Tut tut tut ada pesan
Sms dari teman
Kubaca pelan-pelan
Ajakan tuk latihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar