Laman

Rabu, 18 Januari 2012

Proposal PTK PKn - Teams Games Tournament


BAB  I

A.    Judul
Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament ( TGT ) dan Media Ular Tangga Pada Mata Pelajaran PKn kelas IV di SDN Kalangsono 01.
B.     Bidang kajian
Desain dan strategi Pembelajaran
C.    Pendahuluan
1.      Latar Belakang Masalah
Menurut  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 MEI 2006 tentang Standar Isi, Bahwa Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia.
Tujuan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD menurut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme
Model pembelajaran kooperatif mempunyai banyak sekali variasi. Salah satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Menurut Saco (2006), dalam TGT siswa memainkan permainan-permainan dengan anggota-anggota tim lain untuk memperoleh skor bagi tim mereka masing-masing. Permainan dapat disusun guru dalam bentuk kuis berupa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Kadang-kadang dapat juga diselingi dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kelompok (identitas kelompok mereka). Permainan dalam TGT dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada kartu-kartu yang diberi angka. Tiap siswa, misalnya, akan mengambil sebuah kartu yang diberi angka tadi dan berusaha untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan angka tersebut. Turnamen harus memungkinkan semua siswa dari semua tingkat kemampuan (kepandaian) untuk menyumbangkan poin bagi kelompoknya. Prinsipnya, soal sulit untuk anak pintar, dan soal yang lebih mudah untuk anak yang kurang pintar. Hal ini dimaksudkan agar semua anak mempunyai kemungkinan memberi skor bagi kelompoknya. Permainan yang dikemas dalam bentuk turnamen ini dapat berperan sebagai penilaian alternatif atau dapat pula sebagai reviu materi pembelajaran.
Berdasarkan pada pengamatan, observasi, dan hasil wawancara serta data di lapangan, masih banyak permasalahan dalam pelaksanaan standard isi di SDN Kalangsono 01, terutama pada mata pelajaran PKn. Pada pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Kalangsono 01 pembelajaran lebih menekan pada metode yang mengaktifkan guru. Belum menggunakan media secara optimal sehingga peserta didik lebih cenderung pasif. Dengan keadaan yang demikian minat belajar siswa menjadi berkurang dan siswa menganggap mudah pelajaran PKn sehingga siswa kurang kreatif dan semangat dalam pembelajaran.
Untuk mengatasi masalah tersebut guru harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dapat tercipta bila guru menggunakan metode yang bervariasi dan media pembelajaran yang relevan dengan materi PKn yang akan diajarkan serta menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat. Siswa akan merasa tertarik mempelajari PKn.
Dalam memperbaiki proses pembelajaran, peneliti menetapkan pemecahan masalah dengan melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnamen ( TGT ) dan Media ular tangga TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok – kelompok belajar yang beranggotakan 5 sampai 6 orang siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku kata atau ras yang berbeda. Guru menyajikan materi, dan siswa bekerja dalam kelompok mereka masing – masing. Dalam kerja kelompok guru memberikan LKS kepada setiap kelompok. Tugas yang diberikan dikerjakan  bersama – sama dengan anggota kelompoknya. Apabila ada dari anggota kelompok yang tidak mengerti dengan tugas yang diberikan, maka anggota kelompok yang lain bertanggungjawab untuk memberikan jawaban atau menjelaskannya, sebelum mengajukan pertanyaan tersebut kepada guru. Akhirnya untuk memastikan bahwa seluruh anggota kelompok telah menguasai pelajaran, maka seluruh siswa akan diberikan permainan akademik. Dalam permainan akademik siswa akan dibagi dalam    meja – meja turnamen, dimana setiap meja turnamen terdiri dari 5 sampai 6 orang yang merupakan wakil dari kelompoknya masing – masing.
Dari uraian latar belakang masalah tersebut  maka peneliti akan melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “ Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament ( TGT ) dan Media Ular Tangga Pada Mata Pelajaran PKn kelas V di SDN Kalangsono 01 ”.


Download file selengkapnya:
Kajian Teori
Pendahuluan
Metodelogi Penelitian
Kerangka Berpikir
Paparan Data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar