Laman

Rabu, 18 Januari 2012

Proposal PTK Matematika SD - Metode Demonstrasi


Judul
Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Pada Siswa Kelas IV SDN Mungseng II  Dengan Metode Demontrasi

Bidang Kajian
Strategi Pembelajaran



 
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
         Bedasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional,  pasal 3 menyebutkan bahwa “pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Oleh karena itu seorang guru harus mampu menjalankan peranannya sebagai seorang pendidik dan mampu mengoptimalkan kompetensinya atau kemampuannya dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
      Matematika di SD berfungsi mengembangkan kemampuan
menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus
Matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui
materi pengukuran. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa melalui model
Matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan
Matematika. Pelajaran Matematika sangatlah penting dalam kehidupan
sehari-hari, karena dapat membantu ketajaman berpikir secara logis
(masuk akal) serta membantu memperjelas dalam menyelesaikan
permasalahan.
Matematika juga  berguna bagi  peserta didik kedepannya, antara lain :
1) Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan,
misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi,
eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten
dan inkonsistensi.
2) Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi,
intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran
divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan
dugaan, serta mencoba-coba.
3) Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah.
4) Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau
mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan
lisan, catatan, grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan
gagasan.
Pada umumnya, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa masih banyak permasalahan pada palajaran matematika khususnya pada materi perkalian. Permasalahan tersebut yaitu karena materi perkalian masih dianggap sulit oleh sebagian peserta didik dan kurangnya minat pada pelajaran ini.
Dengan melihat paparan yang sudah dijelaskan tersebut di atas, serta melihat perolehan hasil belajar matematika SDN Mungseng II kec. Temanggung kab. Temanggung di Kelas IV yang masih jauh dari hasil belajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu dengan perolehan hampir 60 % siswa mendapatkan hasil belajar yang masih kurang. Dengan demikian, penulis mencoba melakukan penelitian terhadap siswa terhadap mekanisme belajar mengajar yaitu dengan menggunakan kajian meningkatkan kemampuan memahami perkalian cara susun pada siswa kelas IV SDN Mungseng II dengan metode demontrasi .
Dari ulasan latar belakang tersebut, maka peneliti akan mengkaji melalui penelitian tindakan kelas dengan judul Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Pada Siswa Kelas IV SDN Mungseng II  Dengan Metode Demontrasi

B. Rumusan Masalah
               Berdasarkan paparan dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
          1). Bagaimana cara meningkatkan kemampuan memahami perkalian pada siswa ?
    2).  Bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran matematika ?
    3). Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika?

C. Pemecahan Masalah
               Dari rumusan masalah tersebut maka alterative tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan tahapan-tahapan tindakan melalui metode demonstrasi, yaitu :
a.       melalui pembelajaran dengan mengajukan masalah (soal) yang riil bagi siswa sesuai dengan pengalaman dan tingkat pengetahuannya sehingga siswa segera terlibat dalam pembelajaran secara bermakna
b.      permasalahan yang diberikan tentu harus diarahkan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut
c.       siswa mengembangkan atau menciptakan model-model simbolik secara informal terhadap persoalan atau permasalahan yang di ajukan
d.      pembelajaran berlangsung secara interaktif siswa menjelaskan dan memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya, memahami jawaban temannya, setuju terhadap jawaban temannya, menyatakan ketidak setujuan, mencari alternative penyelesaian yang lain dan melakukan refleksi terhadap setiap langkah yang ditempuh atau terhadap hasil pembelajaran     

D. Tujuan Penelitian
               Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.     Meningkatkan penguasaan perkalian pada siswa.
b.     Meningkatkan proses pembelajaran Mata Pelajaran Matematika.
c.     Meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

E. Manfaat Penelitian
               Adapun manfaat dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah sebagai berikut :
a.        Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat memberikan pengalaman baru bagi penulis, serta dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengatasi masalah pembelajaran khususnya Matematika, sehingga pengalaman ini dapat didesain sedemikian rupa sehingga dapat diterapkan pada Mata Pelajaran lain.
b.       Bagi Kepala Sekolah dan Guru, dapat dijadikan media motivasi untuk dapat dilaksanakan di sekolah di tempat bekerja yaitu di SDN Mungseng II, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.
c.        Bagi siswa, dapat memberikan kesan bahwa belajar matematika itu mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan wawasan materi pembelajaran.
d.       Bagi pembaca, dapat dijadikan rujukan atau bahan pembelajaran dalam upaya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).


Download file lengkap di bawah ini.
 Pendahuluan
Kajian Empiris
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kajian Teori
Metodelogi Penelitian

1 komentar:

  1. tolong dikirimkan daftar pustakanya ya mba... ke email murida2003@yahoo.com

    BalasHapus