Laman

Kamis, 22 Desember 2011

Mengapa Takut Dianggap Kuper?

Terkadang aku merasa takut dianggap ketinggalan jaman. Jaman sudah berubah, busana juga harus berubah. Bahasa berubah, tingkah laku ikut berubah. Padahal aku lebih suka di dalam rumah. Katanya aku seperti ayam pingitan. Padahal di dalam rumah lebih aman daripada kelayapan malam-malam. Katanya sekali-sekali perlu bergaul dengan banyak orang agar memiliki luas wawasan. Padahal dengan siapa aku bergaul, itulah cerminan diriku.

Ah! kenapa aku harus peduli apa kata orang? Orang lain tak akan pernah puas mendikte orang. Aku tak perlu mendengarkan.

Semua orang besar menyirami 'tanaman' kemuliaan mereka dengan 'air' 'uzlah sampai mereka bisa tegak berdiri. Selanjutnya, tumbuhlah pohon keagungan mereka dan menghasilkan buahnya yang bisa dipetik setiap saat dengan izin Rabb-nya.

Mengasingkan diri (uzlah) dari semua hal yang melalaikan manusia dari kebaikan dan ketaatan merupakan obat yang sudah diuji coba dan dibuktikan kemujarabannya oleh para ahli pengobatan hati. Banyak cara
untuk menjauhkan diri dari kejahatan dan permainan yang sia-sia. Diantaranya adalah; mengisi waktu dengan menyuntikkan wawasan baru ke dalam akal pikiran, menjalankan semua hal yang sesuai dengan kaedah "takut kepada Allah", dan juga menghadiri majelis-majelis pertaubatan dan dzikir. Betapapun, perkumpulan atau majelis yang terpuji dan patut dikunjungi adalah yang digunakan untuk menjalankan shalat berjamaah, menuntut dan mengajarkan ilmu, atau untuk saling membantu dalam kebaikan. Maka dari itu, hindarilah majelis-majelis yang tidak jelas tujuannya dan tidak pula berguna!

Ali ibn Abdul Aziz al-Jurjani berkata,
"Mereka bilang padaku bahwa dalam dirimu ada kemurungan.
Sebenarnya mereka melihat seorang yang menjauhi sikap yang rendah.
Jika dikatakan, ada mata air, saya katakan saya telah melihatnya,
namunjiwa merdeka tahan terhadap rasa haus
Saya tidak menunaikan hak ilmu jika setiap kali aku melihat
sesuatu yang menggiurkan kujadikan dia tangga bagi diriku
Apakah aku akan melakukan itu kemudian aku memetik kehinaan?
Itu sama dengan mengikuti kebodohan yang demikian pasti.
Andaikata orang berilmu menjaganya dia pasti menjaga mereka.
Andaikata mengagungkannya di dalam jiwa pasti mereka diagungkan.
Namun mereka meremehkannya, maka hinalah mereka
mereka menggotorinya dengan ketamakan hingga dia bermuka masam."


Sementara itu Ahmad ibn Khalil al-Hanbali berkata,
"Siapa menginginkan kemuliaan dan ketenangan dari kesedihan
panjang melelahkan,
ia harus menyendiri dan rela dengan yang sedikit saja.
Bagaimana seseorang akanjadi bersih, jika ia hidup dari yang kotor.
Antara fitnah, celaan para penipu dan bujukan kata manis orangorang
pandir.
Di tengah-tengah para penghasut dan kekerdilan orang-orang kikir

Ah, menyesal aku harus mengenal orang, menyesal harus mengenal
jalan hidupnya. "


Qadhi Ahmad ibn Abdul Aziz al-Jurjani berkata,
"Tak pernah kunikmati manisnya hidup hingga teman dudukku rumah
dan buku.
Tak ada yang lebih mulia daripada ilmu karenanya aku mencarinya
untuk teman akrab.
Kehinaan itu ada karena pergaulan, tinggalkanlah mereka dan
hiduplah dengan mulia."


Penyair yang lain berkata,
"Aku diam dalam kesendirian dan tinggal dalam rumahku,
ada rasa tentram, dan tumbuh berkembang kebahagiaanku.
Kuputuskan hubunganku dengan sesama, dan aku tidak peduli
apakah pasukan telah berangkat atau panglima telah menunggang
kudanya."


Al-Humaydi al-Muhaddats berkata,
Pertemuan dengan manusia tak akan mendatangkan faedah apa-apa,
kecuali hanya menambah pembicaraan yang tak tertata
Kurangilah intensitas bertemu dengan mereka
selain untuk menuntut ilmu atau melakukan kebaikan


Ibnu Faris berkata,
"Mereka berkata, bagaimana keadaanmu, kujawab, baik.
Satu kebutuhan terpenuhi dan yang lainnya tidak
Jika kesedihan telah menyesakkan dada
Saya katakan, semoga akan datang satu hari dengan bantuan
Temanku adalah kucingku, sahabat jiwaku adalah buku-buku
sedangkan kekasihku adalah lentera malam."


Dikutip dari buku La Tahzan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar